Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat menyampaikan perkembangan penyebaran virus corona di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa 7 April 2020.

154 TKI dari Malaysia Negatif Corona

Jawa Timur 07 April 2020 21:36 WIB

Sebanyak 154 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia dinyatakan negatif virus corona berdasar hasil rapid test oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur. Rapid test diselenggarakan di area Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Selasa 7 April 2020.

Para pekerja migran ini tiba di Bandara Internasional Juanda sekitar pukul 14.50 WIB dengan menggunakan maskapai Malaysia Airlines dan langsung mendapat penanganan sebelum mereka pulang ke kampung halaman.

"Alhamdulillah saya dapat konfirmasi hasil tes semua negatif," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Walau dinyatakan negatif corona, namun para pekerja migran tetap akan mendapatkan screening lanjutan dari pemerintah daerah, bahkan hingga tingkat desa untuk memastikan mereka benar-benar aman. Sebab, diketahui rapid test ini hanya screening yang hasilnya tidak dapat dijadikan acuan terbebas dari corona.

"Meski negatif tetapi pelapisan screening tetap dilakukan. Mereka diantar armada pemprov ke daerah tujuan. Setelah screening di puspenerbal, kemudian screening di daerahnya (kabupaten/kota) baru screening ketiga di  desa yang nanti mereka dapat treatmen dalam observasi mandiri selama 14 hari," katanya.

Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas, dr Kohar Hari Santoso mengatakan, telah mendata lengkap mulai data diri hingga daerah tujuan dari para pekerja migran yang akan menjadi bahan untuk pemantauan.

"Sehingga. kami koordinasikan dengan kabupaten/kota setempat untuk melakukan  pemantauan walaupun tidak ada gejala," katanya.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Jun 2020 11:06 WIB

5 Fakta Kenapa Tagihan PLN Membengkak dan Gagal Bayar Listrik

Nasional

Pelanggan Listrik Mengeluhkan tagihan membengkak.

07 Jun 2020 11:05 WIB

Protes Rasisme juga Muncul dari Masyarakat Adat Kanada

Internasional

Protes rasisme juga muncul dari masyarakat adat di Kanada.

07 Jun 2020 10:53 WIB

Rapid Test BIN di Surabaya Temukan 261 Orang Reaktif Covid-19

Surabaya

Jumlah tersebut ditemukan di dua lokasi rapid test

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...