1500 Peserta Siap Meriahkan Festival Rujak Uleg 2018

11 May 2018 23:47 Surabaya

Festival Rujak Uleg 2018 dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 725 kembali digelar. Festival ini akan diikuti sebanyak 1500 peserta yang terbagi menjadi 275 grup, terdiri dari kelurahan/kecamatan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya, peserta umum, peserta dari hotel, serta tamu kehormatan dari dalam dan luar negeri.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Irvan Widyanto mengatakan acara akan dilaksanakan pada hari Minggu 13 Mei 2018, yang dimulai pada pukul 14.00 WIB hingga selesai. Meski masih diselenggarakan di tempat yang sama yakni di kawasan Kembang Jepun, menurutnya, yang berbeda dengan tahun lalu yakni akan ada pertunjukkan tarian-tarian yang akan meramaikan festival tahunan ini.

“Untuk tahun ini akan kita tambahi hiburan dengan Barongsai, reog serta penampilan tari-tarian tentang rujak uleg,” kata Irvan, dalam jumpa pers di kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Jumat, 11 Mei 2018.

Dalam festival kali ini, Irvan mengatakan, Disbudpar juga akan melakukan beberapa sentuhan baru agar lebih menarik dan unik. Jika sebelumnya, untuk cobek yang digunakan berukuran sebesar 1,5 meter, maka untuk tahun ini akan diperbesar menjadi 2,5 meter. Sementara untuk total hadiah, panitia telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp 97,5 juta. Sebanyak 60 grup penampil terbaik (non rangking) masing-masing akan mendapatkan uang sebesar RP 1,5 juta yang akan dipotong pajak sebesar 15%.

“Kemudian juga, kita pilih lima penampil terbaik untuk kostumnya, itu juga masing-masing akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 1,5 juta,” kata Irvan.

Reporter/Penulis : Farid Rahman


Bagikan artikel ini