14 Tokoh Pastikan Jadi Pembicara FIABCI Global Summit di Bali

31 Oct 2018 06:00 FIABCI SUMMIT

FIABCI Global Business Summit akan digelar di Bali, 4-8 Desember 2018. Sebanyak 14 pembicara siap mengisi pertemuan para pengusaha properti dari seluruh dunia tersebut. 

"Kami sudah audiensi dengan Bapak Presiden Joko Widodo di Istana Negara, beberapa waktu lalu. Beliau siap membuka acara sekaligus menyampaikan keynote speaker di Bali," kata Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata.

FIABCI (Federation Internationale des Administrateurs de Bien- Conselis Immobiliers) adalah Federasi Real Estate International. FIABCI didirikan di Paris 73 tahun lalu. Kini, federasi pengembang seluruh dunia itu telah beranggotakan 72 Negara.

Indonesia menjadi negara pertama di luar Eropa yang menjadi tuan rumah pertemuan bisnis para pengembang seluruh dunia ini. Pertemuan tahun ini sudah yang ke-37 kali. Indonesia terpilih menjadi tuan rumah karena punya model pengembangan rumah rakyat yang melibatkan swasta.

Menurut Ketua Panitia FIABCI Global Business Summit, Rusmin Lawin, para pembicara dalam pertemuan internasional itu terdiri dari para menteri, tokoh pengusaha properti, kalangan perbankan, dan analis ekonomi. FIABCI World Presiden Assen Makedonov yang berkantor di Paris dan Ketum DPP REI juga menjadi pembicara.

Produk terbaru dari Ciputra Group
Produk terbaru dari Ciputra Group.

"FIABCI Global Business Summit di Bali ini benar-benar menjadi ajang tukar pengetahuan dan informasi tentang bisnis properti di dunia. Juga menjadi ajang tukar menukar informasi bisnis antar pengembang. Jadi sangat penting bagi para pelaku bisnis properti," kata Wakil Ketum Bidang Hubungan Luar Negeri DPP REI ini.

Tiga menteri Kabinet Kerja akan memaparkan pelbagai kebijakan di bidang perumahan dan pariwisata. Mereka adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat M. Basuki Hadimulyono, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Menteri Pertanahan dan Tata Ruang Dr. Sofyan A. Djalil. 

Selain Assen, 4 pembicara dari lembaga dan negara asing akan meramaikan FIABCI Global Summit. Siapa saja mereka? Yakni Eduardo Moreno Lopez (Director of Research and Capacity Development at UNHABITAT), Dao Harrison (Senior Housing Specialist for the World Bank), Vanessa Borkmann (Fraunhofer Institute for Industrial Engineering IAO), dan Zino Prins (Real Estate Business Development). 

Ir Ciputra Foto Chila World diambil dari Geotimecom
Ir Ciputra. (Foto Chila World diambil dari Geotime.com)

Tokoh perbankan Indonesia dan pengusaha swasta dipastikan ikut menjadi pembicara. Mereka adalah Ir Ciputra (World President FIABCI 1987 – 1988), Budiarsa Sastrawinata (Managing Director of Ciputra Development), Maryono (President Director Bank BTN), Hary Tanoesoedibjo (CEO of MNC Group), dan Alex Nayoan (Advisor to the Jakarta Hotels Association).

FIABCI Global Business Summit akan diawali dengan Rakernas DPP REI. Semua kegiatan internasional itu akan digelar di The Westin Resort Nusa Dua Bali International Convention Center. (*)

Penulis : Arif Afandi


Bagikan artikel ini