Mal Lokasari terbakar, Jumat 6 Desember 2019. (Foto: Instagram @humasjakfire)

13 Jam Lebih Berjuang Padamkan Kebakaran Mal Lokasari

Nasional 07 December 2019 06:40 WIB

Kebakaran terjadi di area Mal Lokasari Plaza, Tamansari, Jakarta Barat pada Jumat 6 Desember 2019. Berdasarkan informasi kiriman akun Twitter Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) DKI Jakarta, @humasjakfire, disebutkan bahwa area yang terbakar berada di lantai 5 Mal Lokasari Plaza sekitat pukul 16.33 WIB.

"#InfoKebakaran Jum'at, 06 Desember 2019 Terima Berita 16.33. Unit Tiba 16.38. Jl. Mangga Besar (Mall Lokasari Plaza) Kel. Tangki Kec. Taman Sari Jakarta Barat. Pengerahan 22 Unit. Objek Kejadian Mall Lt.5. Situasi asap tebal, masih dlm pemadaman," demikian isi Twit di akun Twitter @humasjakfire, Jumat 6 Desember 2019.

Bangunan mal tampak gelap gulita karena arus listrik di dalam gedung dipadamkan. Hanya petuga pemadam kebakaran (damkar) saja yang diperbolehkan masuk ke dalam.

Kebakaran tersebut berasal dari ruangan eks Diskotek Mille's di lantai 5. Seperti diketahui, Diskotek Mille's resmi ditutup tiga tahun lalu atas perintah Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Pasalnya, pengunjung terciduk membawa narkoba ke diskotek itu.

Lama bangunan mangkrak, saat terjadi kebakaran baru diketahui bahwa ruangan tersebut sedang dalam perbaikan.

Ketua Tim Piket Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Agus Surya Mandala mengatakan, petugas menghadapi beberapa kendala dalam pemadaman karena titik api banyak yang tertutup puing-puing bangunan.

"Petugas harus memecahkan puing-puing yang menutup titik api. Banyak bangunan yang runtuh di lantai 6 dan 7," ujarnya.

Hingga Sabtu pagi ini, damkar masih bersiaga untuk melakukan pendinginan. Jalanan di sekitar lokasi kebakaran masih ditutup. Hanya sesekali pengendara motor melintas, sedangkan warga masih ada yang berkerumun menyaksikan gedung yang gosong.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...