Sebanyak 120 negara dalam Sidang Majelis Umum di PBB mengecam Israel yang melakukan pembantaian di Gaza. (foto: afp)

120 Negara di PBB Kecam Israel

14 Jun 2018 15:18

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Majelis Umum PBB mengadopsi sebuah resolusi 120 negara yang didukung negara-negara Arab untuk mengecam Israel atas tewasnya sejumlah warga Palestina di Gaza dan menolak tawaran Amerika Serikat (AS) untuk menyalahkan Hamas atas kekerasan itu, Rabu 13 Juni kemarin waktu setempat.

Resolusi itu menyesalkan Israel atas penggunaan "kekuatan yang berlebihan, tidak proporsional dan tidak pandang bulu" terhadap warga sipil Palestina serta menyerukan langkah-langkah perlindungan bagi warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki.

Sedikitnya 129 warga Palestina telah tewas oleh tembakan Israel selama unjuk rasa di dekat perbatasan dengan Gaza yang dimulai pada akhir Maret. Tidak ada satu pun warga Israel yang dilaporkan tewas.

Disampaikan oleh Aljazair dan Turki atas nama negara-negara Arab serta muslim, langkah itu meraih 120 suara yang menentukan dalam majelis beranggotakan 193 negara, dengan 8 suara menentang dan 45 abstain.

Duta Besar AS Nikki Haley menepis resolusi itu dan menyebutnya "berat sebelah" dan menuduh negara-negara Arab mencoba membuat poin politik di wilayah mereka dengan berusaha mengecam Israel di PBB.

"Bagi sebagian orang, menyerang Israel adalah olahraga politik favorit mereka. Itulah mengapa kami ada di sini hari ini," kata Haley kepada majelis. (afp/hs/wy)