10 Pengembang Peroleh FIABCI-REI Excelence Awards 2018

06 Dec 2018 22:50 FIABCI SUMMIT

Penghargaan untuk pengembang anggota Real Estat Indonesia (REI) tahun 2018 kali berlangsung istimewa. Sebab, penganugerahannya digelar bersamaan dengan Gala Dinner FIABCI Summit yang berlangsung di Peninsula Park, Nusa Dua Bali, Kamis (6/12/2018).

Kegiatan tahunan untuk para pengembang itu diberi title FIABCI Indonesia-REI Excelence Award 2018. President FIABCI World Assen Makedonov dan seluruh peserta FIABCI Global Business Summit yang datang dari berbagai negara. Event temu para pengembang se dunia ini kali pertama digelar di luar Eropa.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sempat hadir di awal Gala Dinner tersebut. Namun, setelah selesai makan malam ia harus meninggalkan tempat acara untuk segera balik ke Jakarta. Namun, acara gala dinner dan penganugerahan untun pengembang itu berlangsung gayeng setelah dihibur penyanyi Dira Sugandi dan Lia Simanjutak.

Dua penyanyi yang biasa mendampingi David Costner dalam konser di luar negeri itu mampu mengajak para pengembang luar negeri untuk bergoyang selama acara hiburan berlangsung. Dua penyanyi yang fasih berbahasa Inggris itu juga baru saja tiba di tanah air untuk menyanyi di luar negeri. Dira baru menyanyi bersama David di Jepang. Sedang Lia baru menyanyi di Los Angeles Amerika Serikat.

Assen dan Totok Lusida diantara peraih Silver Winner FIABCIREI Awards
Assen dan Totok Lusida diantara peraih Silver Winner FIABCI-REI Awards.

Lantas siapa saja 5 pengembang yang mendapat penghargaan Gold Winner Fiabci Indonesia-REI Excelence Award? Mereka adalah Baruga Regency (Affordable Housing), BSD Green Office Park 9 (Conservation & Sustainable Development), Four Session Hotel Jakarta (Hotel), Suamata (Apartement), dan Plataran Komodo Resort & Spa (Resort).

Sedangkan Silver Winner Fiabci Indonesia-REI Excelence Award diberikan kepada Parahyangan Asri (Affordable Housing), Dago Village (Conservation & Sustainable Development), Citra Maja Raya (Master Plan), Pondok Indah Residence (Apartement), dan Metropolitan Mall Cileungsi (Retail. Peghargaan diserahkan Assen Makedonov didampingi Ketu DPP REI Soelaeman Soemawinata dan Sekjen DPP REI Paulus Totok Lusida. 

"Penilaian terhadap para pengembang dari berbagai kategori dilakukan 6 orang juri independen dari praktisi, akademisi, birokrat dan ahli," kata Totok Lucida. Mereka adalah Lana Wanayanti, Naning Adiwoso, Bernadus Djonoputro, Prof Dr Ir Arief Sabaruddin, Pingki Eka Pangestu, dan Ahmad Nurzaman.

Lia Simanjutak menyanyi di tengah para anggota Fiabci dan REI
Lia Simanjutak menyanyi di tengah para anggota Fiabci dan REI.

Acara Fiabci Global Business Summit berlangsung di The Westin, Nusa Dua, Bali, 6-8 Desember 2018.  FIABCI (Federation Internationale des Administrateurs de Bien- Conselis Immobiliers) adalah Federasi Real Estate International. FIABCI didirikan di Paris 73 tahun lalu. Kini, federasi pengembang seluruh dunia itu telah beranggotakan 72 Negara.

Indonesia menjadi negara pertama di luar Eropa yang menjadi tuan rumah pertemuan bisnis para pengembang seluruh dunia ini. Pertemuan tahun ini sudah yang ke-37 kali. Indonesia terpilih menjadi tuan rumah karena punya model pengembangan rumah rakyat yang melibatkan swasta. (Rif)

Reporter/Penulis : Arif Afandi


Bagikan artikel ini