Ukraina memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2020 setelah menekuk Portugal 2-1 di matchday ke-7 (Foto: Twitter/@UEFAEURO)

10 Pemain Loloskan Ukraina ke Putaran Final Euro 2019

Dunia 15 October 2019 05:00 WIB

Ukraina memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2020 setelah mengandaskan Portugal dalam laga lanjutan Grup B Kualifikasi Euro 2020, Selasa 15 Oktober 2019 dini hari WIB di NSK Olimpiyski, Kyiv.

Hebatnya, kemenangan ini mereka raih hanya dengan 10 pemain saja setelah Taras Stepanenko diusir wasit setelah melakukan pelanggaran di menit ke-72. Ini juga menjadi kekalahan perdana bagi Portugal di sepanjang kualifikasi Euro 2020.

Dua gol Ukraina di pertandingan ini diciptakan oleh Roman Yaremchuk di menit ke-6 dan Andriy Yarmolenko di menit ke-27. Sementara satu-satunya gol balasan tim polesan Fernando Santos dicetak oleh sang kapten Kristiano Ronaldo lewat titik putih di menit ke-72.

Di pertandingan ini, Portugal tampak kewalahan meladeni permainan terbuka yang diterapkan Ukraina. Meski saling bertukar serangan sejak menit awal, Ukraina mampu membuka keunggulan lewat sodokan Roman Yaremchuk.

Diawali tendangan sudut dari sisi kiri pertahanan Portugal, tandukan Serhiy Krystov mengarah ke gawang Portugal. Rui Patricio berhasil menepisnya, namun bola justru jatuh ke kaki Roman Yaremchuk yang dengan mudah menyodok bola dan masuk. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Dalam kondisi tertinggal, Portugal mencoba bangkit dan terus menekan pertahanan Ukraina. Beberapa peluang mereka miliki, namun rapatnya barisan pertahanan Ukraina masih terlalu sulit untuk ditembus oleh Selecao das Quinas.

Keasyikan menyerang, Portugal lengah. Vitalii Mykolenko mengirim umpan silang tajam ke dalam kotak penalti. Tanpa kesulitan Andriy Yarmolenko menempatkan bola ke sisi kiri gawang Rui Patricio untuk menambah keunggulan Ukraina menjadi 2-0.

Reaksi positif ditunjukkan Portugal. Melalui berbagai sisi lapangan mereka terus menggempur pertahanan Ukraina. Sayang, dominasi mereka tak membuahkan hasil hingga 45 menit pertama berakhir.

Di babak kedua, Portugal mencoba meningkatkan intensitas serangan. Berbagai upaya mereka lakukan untuk mengejar ketertinggalan. Namun upaya itu baru membuahkan hasil di menit ke-72 ketika Ronaldo diganjal di kotak terlarang.

Sang wasit langsung menunjuk titik putih. Ukraina pun bermain dengan 10 pemain karena Stepanenko diganjar kartu merah oleh sang pengadil. Ronaldo yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna. Skor berubah menjadi 1-2 masih untuk keunggulan tuan rumah.

Unggul jumlah pemain, Portugal melakukan serangan bergelombang ke jantung pertahanan Ukraina. Sayang, mereka tak mampu memaksimalkan situasi itu. Hingga laga bubar, skor tetap 2-1 untuk kemenangan Ukraina.

Dengan hasil ini, Ukraina masih menguasai puncak klasemen dengan 19 poin. Sementara Portugal berada di peringkat kedua dengan selisih yang cukup jauh, 11 poin. Di tempat ketiga diisi Serbia dengan 10 poin.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

19 Jun 2020 10:46 WIB

UEFA Putuskan Final Liga Champions Digelar di Lisbon

Liga Champions

Laga puncak itu akan berlangsung pada 23 Agustus 2020

15 Jun 2020 20:21 WIB

Galaxy S20 Plus BTS, Ponsel Samsung untuk Penggemar K-Pop

Handphone

Samsung produksi ponsel khusus penggemar grup band BTS. Seperti apa?

12 May 2020 01:00 WIB

Personel Band K-Pop DAY6 Alami Gangguan Kecemasan

ngopiK-pop

Kegiatan band DAY6 ditunda karena personel alami gangguan kecemasan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...