10 Kotak Suara dan Isinya di KPU Pesisir Selatan Hangus Terbakar

22 Apr 2019 12:30 Nasional

Gudang logistik milik Kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat hangus terbakar. Peristiwa itu terjadi Senin, 22 April 2019 sekitar pukul 01.00 WIB. Akibatnya, kotak suara berisi surat suara hasil pencoblosan pada 17 April lalu itu, ikut terbakar.
Komisioner KPUD Kabupaten Pesisir Selatan, Medo Fernando mengatakan, gudang yang terbakar terdapat 785 kotak suara yang berasal dari 157 Tempat Pemungutan Suara (TPS).
Laporan dari Antara, lokasi tempat kotak suara yang terbakar sudah dipasang garis polisi dan terlihat puluhan polisi berseragam berjaga di lokasi. Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Ferry Herlambang dan Komandan Kodim 0311/Pesisir Selatan, Letkol Kav Edwin Dwiguspana, juga sudah ada di lokasi.

Polisi belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran yang menghanguskan gudang logistik PPK Koto XI Tarusan itu. Penyelidikan menunggu kedatangan tim Inafis dari Polda Sumbar.
"Dugaan belum bisa kita simpulkan, nunggu dari inafis," kata Kapolres Pesisir Selatan, AKPB Ferry Herlambang.

Ferry mengaku pihaknya sedang penyelidikan. Sebelum kebakaran, ruangan itu dipakai untuk melakukan penghitungan suara.

Komisioner KPU Pesisir Selatan, Medo Patria, mengatakan, ada 10 kotak suara yang terbakar. Untuk surat suara belum diketahui apakah ada yang terbakar atau tidak.

"Yang terbakar sekitar 10 kotak suara, kendati demikian kami masih akan menghitung ulang," tutur Medo. (yas)