Seorang Muslimah sedang mendaras Al-Quran. (Foto: Istimewa)

10 Keutamaan Baca Al-Quran Istiqamah yang Menakjubkan (1)

Khazanah 13 March 2020 02:46 WIB

Membaca Al-Quran sangat diwajibkan untuk kaum Muslimin yang sungguh sungguh bangga akan keislamnya. Bangga menjadi seorang Muslim adalah sebuah bentuk kecintaan yang maha tinggi terhadap Allah SWT satu satunya tuhan pencipta alam beserta isinya.

Tidak ada artinya jika seorang muslim tidak bisa membaca Al-Quran sama sekali, hal itu bagikan seorang yang buta huruf. walaupun tidak mampu membacanya dengan hebat seperti orang orang dijaman Nabi tetapi memahami cara membacanya, hal itu sudah cukup baik bagi seorang muslim, apalagi jika mempunyai keinginan yang kuat untuk bisa menguasai isi Al-Quran (pandai membaca Al-Quran ), maka Sempurnalah seseorang tersebut sebagai seorang muslim.

Belajar membaca Al-Quran bisa diterapkan pada usia anak anak agar kecintaan mereka terhadap kaidah islam semakin kuat dan dimasa depannya menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup, kebanggaan diri, identitas sebagai muslim dan sebagai perlindungan bagi hati serta sebagai simbol keislaman yang hebat.

Mempelajari Al-Quran yang didalamnya mencakup cara membacanya, cara melantunkannya, mengerti makna yang disampaikan serta mau mengamalkannya pada kehidupan sehari hari adalah sebuah kewajiban bagi seluruh umat islam didunia , karena Al-Quran a adalah sebagai lambang dan dasar agama Islam yang tidak akan pernah berubah atau lekang ditelan waktu.

Sebaik baiknya buku adalah Al-Quran yang didalamnya sarat dengan ilmu pengetahuan termasuk moral, berprilaku baik, kejujuran, kebaikan dan lain lain. Membaca Al-Quran dapat mempengaruhi jiwa dan pikiran agar selalu menjadi tenang. (baca : fungsi Al-Quran)

Seorang Muslim yang tidak pernah membaca Al-Quran sama saja seperti tubuh tidak sedang berbusana, sungguh sangat memalukan dan tidak perlu ditiru karena Allah SWT tidak akan menyukainya.

Sesuai dengan hadits yang pernah diriwatkan oleh muslim yang dinyatakan oleh Abi ummah ra :

“Baginda Rasullulah berkata bacalah olehmu Al-Quran karena sesungguhnya akan menjadi pemberi syafaat pada hari kiamat nanti untuk siapa saja yang membacanya.”

Inilah Keutamaan Baca Al-Quran secara istiqamah setiap hari serta keajaiban Al-Quran di dunia :

1. Dapat mendapatkan pahala dan kebaikan

Membaca Al-Quran dapat menjadikan suasana sekitar menjadi lebih damai, tenang dan penuh dengan keberkahan. Maka dari itu seseorang yang membaca Al-Quran akan mendapatkan pahala yang berlipatganda dan kebaikan dari Allah SWT sebagai manusia yang soleh.

Seperti hadits riwayat dari yirmidzi bahwa :

“Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatkan kebaikan satu kali. tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya.”

2. Dapat memberikan derajat dan wibawa lebih baik

Membaca Al-Quran dapat membuat seseorang terlihat semakin bercahaya dan penuh wibawa. Kondisi ini dapat membuat seseorang menjadi lebih disayangi , dihormati dan dihargai banyak orang.

Seperti hadits yang menyatakan:

“Orang orang yang hebat dalam membaca Al-Quran akan selalu ditemani para malaikat pencatat yang paling dimuliakan da taat pada Allah SWT dan orang orang yang terbata bata membaca Al-Quran lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala,” (HR. Bukhari)”

3. Memperoleh rahmat dan lindungan oleh malaikat

Membaca Al-Quran dengan hati yang tenang dan sabar dapat mendatangkan rahmat dari Allah SWT dan mendapatkan perlindungan dari para malaikat dari kejahatan yang terlihat maupun tidak terlihat.

Seperti hadits yang menyatakan :

”Ketika para kaum muslim berkumpul dimasjid masjid allah dan mereka membaca Al-Quran dan memnpelajarinya, maka akan datang kepada mereka ketentraman , rahmat allah dan dilindungi malaikat malaikat dan allah menyebut mereka dihadapan makhluk yang ada didekatnya.”

4. Memberikan syafaat ketika hari kiamat tiba

Membaca Al-Quran dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan yang tidak pernah dibayangkan oleh manusia sebelumnya bahkan juga terjadi pada hari kiamat dengan kemuliaan yang sangat besar.

Seperti hadits yang menyatakan bahwa :

“Bacalah bait Al-Quran karena sesuyngguhnya pada hari kiamat nanti akan datng memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya.” (HR. Muslim)”

5. Membuat seseorang menjadi berprilaku mulia

Membaca Al-Quran dengan hati yang tenang dan rasa yang bahagia dapat merubah seseorang yang semula berprilaku tidak baik menjadi lebih baik.

Baginda Rasullulah SAW pernah bersabda:

“Sebaik baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Al-Quran serta mengajarkannya pada orang lain.” (HR.Bukhari)”

(Bersambung)

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 May 2020 20:10 WIB

Ponsel Terbaru Sony, Xperia 1 II Berjalan di Jaringan 4G?

Handphone

Sony Xperia 1 II dibanderol dengan harga Rp17 juta.

26 May 2020 19:20 WIB

Pemkot Batu Karantina Desa Giripurno, 232 Warga Dites Covid-19

Jawa Timur

Desa Giripurno resmi dikarantina lokal hingga 5 Juni 2020.

26 May 2020 19:09 WIB

Up Date: Seluruh Provinsi Terpapar COVID, di 406 Kabupaten/Kota

Nasional

Seluruh provinsi di Indonesia telah terpapar COVID-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.