Sumur kuno era kerajaan ditemukan tepi sungai. (Foto: Fendhy Plesmana/Ngopibereng.id)

Warga Temukan Sumur Kuno Peninggalan Era Kerajaan

Jawa Timur 23 June 2020 19:45 WIB

Sebuah sumur kuno yang terbuat dari tanah liat ditemukan di tepi sungai di Dusun Besuk Desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Diduga sumur kuno ini merupakan peninggalan abad 14 yang merupakan era kerajaan. Dikatakan Eko Priatno selaku Kepala Seksi Museum dan Purbakala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri.

"Kalau kerajaannya kita belum bisa memastikan memang tidak ada tulisannya. Jika dilihat dari gaya pembuatannya paling tidak abad 14 atau sebelumya bisa lebih tua lagi," kata Eko Priyanto.

Perkiraan sumur kuno ini dibuat pada abad 14 dasarnya mengacu pada ukuran, di mana bentuk diameternya memang lebih kecil. "Itu tadi diameternya cuman 70cm, kedalamannya 160 dan itu memang identik dengan sumur abad 14," ujarnya.

Perkiraan sementara, sumur kuno ini merupakan peninggalan era zaman kerajaan Majapahit bahkan sebelum Majapahit. Karena lokasi sumur kuno tersebut berada di tepi tebing sungai ketinggian 4 meter dan dianggap tidak menganggu, maka pihak pemerintah daerah mengambil langkah untuk melakukan pendataan sekaligus pemetaan di lokasi.

"Pemerintah daerah hanya memetakan dan mendata itu, siapa tahu dari data data sumur ini, nantinya bisa diplot menjadi suatu karya ilmiah," terangnya 23 Juni 2020.

Priyanto menyebut, jika merujuk era  sumur kuno ini, biasanya dipergunakan untuk kebutuhan air minum. Diperkirakan masyarakat era kerajaan sengaja membuat sumur di tepi sungai, dengan maksud mengantisipasi datangnya musim kemarau. Jika memasuki kemarau sungainya kering, ketersediaan sumber mata airnya masih ada.

Priyanto juga menyebut ada sumur kuno lain yang ditemukan di sebelah utara Dusun Besuk ini. Jumlahnya ada dua.

"Tadi saya mendapat informasi kalau di sungai sebelah utara, ada dua. Yang satu tidak kelihatan, soalnya airnya deras sekali. Lumayan, di atas lutut," paparnya.

Kali pertama penemuan sumur kuno ini diketahui oleh warga bernama Eko Budi. Semula warga merasa penasaran setelah melihat adanya sumber mata air. Diperkirakan dasar sumur tersebut sedalam 170 cm. Kualitas air yang ada di sumur ini sangat jernih.

Penulis : Fendhy Plesmana

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Aug 2020 00:38 WIB

Transformasi Desainer Oscar Lawalata Jadi Wanita Punya Pacar Bule

Gosip Artis

Desainer Oscar Lawalata ubar gender jadi wanita.

16 Aug 2020 00:20 WIB

Video Amien Rais Sebut Jokowi Otoriter

Politik

Video terbaru Amien Rais menyebut rezim Presiden Jokowi otoriter.

15 Aug 2020 23:59 WIB

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 16 Agustus 2020

Pendidikan

Tayangan edukasi disajikan pada program Belajar dari Rumah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...