Siswa SD Muhammdiyah 24 Surabaya mewarnai karikatur BJ Habibie dan pesawat R80. (Foto: istimewa)

SD Muhammadiyah 24 Surabaya Galang Dana Untuk Cita-Cita Habibie

Pendidikan 19 September 2019 23:59 WIB

Ratusan siswa SD Muhammadiyah 24 Surabaya menggalang donasi dana untuk cita-cita terakhir B. J Habibie yang akan menerbangkan pesawat R80. 

Penggalangan dana ini dengan cara membuat kotak yang menyerupai pesawat dan dibawa berkeliling ke semua kelas. 

Naila Khairunnisa Ramadhani, salah satu siswa yang mengikuti kegiatan ini mengungkapkan, sosok Presiden ke-3 Republik Indonesia ini merupakan orang pintar dan baik. Jadi, cita-citanya harus diteruskan.

"Banyak pelajaran yang bisa saya ambil dari sosok eyang (Habibie) . Semoga eyang mendapat tempat terbaik di sisi-Nya," kata siswa kelas 5 SD ini. 

Sementara Anjar Ayu Utami, guru pendamping mengatakan, donasi ini bentuk kepedulian masyarakat khususnya anak-anak siswa SD Muhammadiyah terhadap cita-cita almarhum BJ Habibie. 

Donasi ini, kami lakukan untuk mewujudkan cita-cita Pak Habibie yaitu merilis pesawat R80," katanya, Kamis, 19 September 2019.

Para siswa sedang serius memberikan warna gambar BJ Habibie dan pesawat R80  Foto istimewa Para siswa sedang serius memberikan warna gambar BJ Habibie dan pesawat R80. (Foto: istimewa)

Menurut Anjar, selain menggalang donasi para siswa juga mewarnai karikatur Habibie dan Pesawat R8 serta melihat film animasi Habibie.

Kegiatan ini juga untuk memberikan teladan sikap baik Habibie kepada anak-anak SD Muhammadiyah 24 sekaligus mengenang jasa-jasa mantan Menristek di era Pemerintahan Orde Baru. 

"Nantinya donasi dan gambar dari para siswa ini akan dikirim ke Habibie Center," katanya.

Diketahui, di usia senja Habibie sempat merancang pesawat R80 untuk penerbangan jarak pendek. Direncanakan R80 akan mulai terbang di tahun 2022 dan ditargetkan produksi mulai 2021.

Sebelum merancang pesawat R80 untuk Indonesia, tercatat pada 10 Agustus 1995. Habibie juga berhasil menerbangkan pesawat Gatotkaca N-250 yang merupakan pesawat pertama karya anak bangsa. 

Penulis : Pita Sari

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Feb 2020 18:11 WIB

Kemenag Jatim Belum Terima Edaran Penghentian Umrah

Surabaya

Satu pesawat tetap berangkat membawa 438 jemaah asal Jatim.

27 Feb 2020 17:45 WIB

Harry Gunawan, Lempar Bumerang Hingga Tembus Pasar Manca Negara

Ngopi Foto

Bumerang Harry Gunawan tembus pasar Asia sampai Eropa

27 Feb 2020 16:32 WIB

Yasin-Gunawan Lolos Maju Pilwali Surabaya Lewat Jalur Independen

Politik

Penetapan KPU itu setelah dilakukan proses penghitungan syarat perseorangan

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.