Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi. (Foto: pssi.org)

PSSI Setuju Ganti Jadwal Kualifikasi PD 2022 ke Bulan Juni

26 Jan 2021 11:45

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

PSSI menyambut baik ajakan Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) untuk mengganti jadwal sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 ke bulan Juni 2021.

Sebelumnya, FAM telah berkomunikasi dengan empat federasi negara peserta Grup G lainnya, yakni; Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab (UEA). Inisiasi FAM ini berangkat dari FIFA/AFC yang sedang mempertimbangkan apakah lanjutan Kualifikasi Piala Dunia akan digelar Maret/Juni.

"Kami sudah memulai diskusi dengan Indonesia, Thailand, dan UEA. Saat ini masih berlangsung. Mungkin sudah ada keputusan pekan depan," kata Sekjen FAM Stuart Ramalingam dikutip dari News Strait Times.

Kemudian, FAM melakukan diskusi dengan empat kontestan lainnya di Grup G. Upaya FAM membuahkan hasil karena keempat peserta lainnya tak keberatan.

"Betul kami memang ada komunikasi dengan Sekjen FAM Malaysia, Stuart Ramalingam) yang memohon dukungan lanjutan Kualifikasi (Piala Dunia) dialihkan ke Bulan Juni 2021 karena pandemi Covid-19," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi seperti dikutip dari detikSport.

"Kami menyampaikan bahwa bila negara-negara peserta demikian adanya dan juga ada yang lockdown, maka PSSI menyetujui dan menghargainya," ujarnya menambahkan.

Timnas Indonesia sendiri masih memiliki tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sesuai jadwal, Timnas Indonesia akan bertandang ke Thailand pada 25 Maret, menjamu UEA pada 30 Maret, dan ke markas Vietnam pada 7 Juni.

Pasukan Merah Putih terjerembab di dasar klasemen Grup G tanpa meraih satu pun kemenangan dan tak memiliki poin, alias nol. Andritany Ardhiyasa cs kalah lima laga beruntun dengan kebobolan 16 kali dan cuma mencetak tiga gol.

Secara peluang, Indonesia sudah dipastikan tak lolos ke Piala Dunia 2022. Namun setidaknya, hasil dari tiga laga itu berpengaruh pada peringkat Indonesia di rangking FIFA serta masih menentukan langkah Timnas Indonesia di babak Kualifikasi Piala Asia 2023.