Basuki Hadimuljono kunjungi Presiden Timor Leste atas nama Presiden Jokowi. (Foto PUPR)

Mewakili Jokowi, Basuki Kunjungi Presiden Timor Leste

Internasional 31 August 2019 06:25 WIB

Mewakili Presiden RI Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Timor Leste Francisco Guterres Lu Olo di Istana Presiden, Dili, Timor Leste. Ia menyerahkan surat dari Presiden terkait ucapan selamat atas Perayaan Jajak Pendapat ke-20 negeri itu.

Basuki juga menyampaikan pesan dari Presiden Jokowi agar Indonesia dan Timor Leste dapat terus meningkatkan kerjasama di berbagai bidang pada tahun-tahun mendatang. "Kami percaya kerjasama antar kedua negara akan membuat Timor Leste menjadi negara tangguh di Asia Tenggara dan mandiri secara ekonomi maupun politik,” tuturnya lewat rilis yang diterima ngopibareng.id, Sabtu (31/8/2019).

Menurut Basuki, selama 3 tahun terakhir, nilai perdagangan bilateral Indonesia-Timor Leste terus stabil dikisaran USD 222 juta hingga USD 229 juta. Kondisi ini mencerminkan hubungan baik dari Pemerintah kedua negara dalam kerjasama perdagangan.

Selain perdagangan, hubungan kerjasama Indonesia dengan Timor Leste di bidang pembangunan infrastruktur juga terjalin erat. Nilai proyek konstruksi dan konsultasi Indonesia pada sejumlah proyek infrastruktur di Timor Leste terus mengalami peningkatan.

Kerjasama kedua negara yang telah terjalin dalam pembangunan infrastruktur dan peningkatan kapasitas SDM Timor Leste yang dilaksanakan Kementerian PUPR antara lain pelatihan rehabilitasi dan rekonstruksi konstruksi jalan, program dan budgeting, dan pelatihan tenaga teknik operasional untuk operator buldozer dan alat-alat berat.

Basuki mengatakan pembangunan infrastruktur fisik sangat penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Namun perlu didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten. Menteri Basuki berharap hubungan kerjasama yang selama ini telah berjalan baik antara Indonesia dan Timor Leste terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

“Dalam hal ini, Indonesia juga ingin mendukung pengembangan sumber daya manusia Timor - Leste melalui program kerja sama teknis di berbagai sektor,” ujarnya.

Pada malam hari, Basuki dan rombongan menghadiri perayaan 20 tahun Jajak Pendapat 30 Agustus 1999 di Tasi Tolu, Dili.

Turut mendampingi Basuki adalah Dirjen Bina Marga Sugiyartanto, Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste Sahat Sitorus, Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Denny Abdi, Direktur  Utama PT. Brantas Abipraya Bambang Esthi Marsono, dan Direktur Utama PT. Adhi Karya Budi Harto dan Direktur Operasi PT. Wijaya Karya Agung Waskito.

juga Ketua Tim Fasilitasi Kerjasama Pembangunan Indonesia - Timor Leste Ruchyat Deni Djakapermana, Kepala Biro Perencanaan Anggaran dan Kerjasama Luar Negeri Trisasongko Widianto dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja.(*)

Penulis : Azhari

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Jun 2020 18:17 WIB

Inilah Analisis Bahasa Tubuh Jokowi Ketika Memarahi Para Menteri

Nasional

Analisis terhadap gestur, raiut wajah, bahasa tubuh dan suara.

29 Jun 2020 18:03 WIB

Moeldoko: Presiden Sudah Berkali-kali Peringatkan Para Menteri

Pemerintahan

Namun belum ada hasil dari para menteri dan pimpinan lembaga.

29 Jun 2020 16:23 WIB

4 Momen Presiden Jokowi Marah Saat Pandemi Corona

Nasional

Puncak kemarahan Presiden Jokowi ancam reshuffle kabinet.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...