IGRT, Teknik Unggulan AHCC dalam Pengobatan Radiasi

11 Aug 2019 21:43 RS Adi Husada
RS Adi Husada Cancer Center

Pusat layanan kanker terpadu kebanggaan Arek-arek Suroboyo, Adi Husada Cancer Center (AHCC) selalu berkomitmen untuk memberikan pengobatan yang cepat, akurat dan efektif bagi pasien.

Tak main-main dengan hal ini, tim dokter spesialis dan staf multidisiplin medis AHCC ditunjang dengan teknologi mutakhir dan fasilitas modern berstandart Internasional yang menjadikan AHCC sebagai institusi medis terkemuka di Indonesia bagian timur.

Keselamatan pasien yang menjadi hal utama layanan kanker terintegrasi swasta pertama di Indonesia Timur, AHCC memiliki teknik Image Guided Radiation Therapy (IGRT), yaitu salah satu metode pengobatan mutakhir yang tersedia dalam terapi radiasi sinar eksternal.

Teknik IGRT adalah teknik radioterapi menggunakan metode pemantauan atau scanning sesaat sebelum radiasi, sehingga menghasilkan gambaran pasti yang akurat mengenai perubahan posisi tumor terhadap organ pasien di sekitarnya ketika pasien berada di atas meja penyinaran. IGRT juga dapat memungkinkan penyesuaian lapangan penyinaran terhadap kondisi tumor secara aktual setiap kali radiasi.

Terapi radiasi melalui proses perencanaan yang detail agar dapat memberikan dosis tinggi radiasi langsung pada kanker. Sementara, jaringan yang sehat di sekelilingnya diberi dosis serendah mungkin untuk mengurangi risiko cedera pada jaringan yang tak terkena kanker.

IGRT memungkinkan dosis radiasi sesuai dengan bentuk tiga dimensi (3-D) tumor dengan memodulasi atau mengendalikan intensitas sinar radiasi dalam beberapa volume kecil. IGRT juga memungkinkan dosis radiasi yang lebih tinggi difokuskan ke daerah dalam tumor sambil meminimalisir dosis di sekitar struktur normal yang penting.

Karena penyampaian radiasi sangat ditargetkan dan sesuai dengan bentuk tumor. Hal ini sekaligus mengurangi jumlah radiasi ke jaringan sehat di sekitarnya, ini menunjukkan potensi signifikan untuk meningkatkan rasio terapeutik lebih lanjut dan mengurangi toksisitas.

Pada tahap awal radiasi, pasien perlu menjalani simulasi CT sebelum terapi radiasi dilakukan. Gambar CT yang dihasilkan dari simulasi CT akan digunakan untuk merumuskan rencana perawatan yang disesuaikan untuk setiap pasien.

Setelah itu, terapi radiasi diberikan secara eksternal melalui akselerator linier dengan dosis yang teratur. Selama perawatan, pasien ditempatkan dengan nyaman di sofa perawatan.

Pengobatannya, yang berlangsung sekitar 15 menit, tidak menimbulkan rasa sakit. Terapi radiasi diberikan 5 hari seminggu sedangkan keseluruhan pengobatan bervariasi dari 1 sampai 7 minggu tergantung ukuran, lokasi dan jenis kankernya.

Dengan IGRT pasien AHCC tidak perlu khawatir mengenai target sasaran sinar radiasi yang diberikan saat pengobatan. Sebab,  kenyamanan dan keamanan pasien adalah hal utama bagi AHCC. 

Penulis : Pita Sari
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini