Pelda (Purn) Suwoyo (TNI AD) , Serma Mar (Purn) Iskak Soeratman (TNI AL-MARINIR), dan Kompol (Purn) Minto Wahono (POLRI-BRIMOB) adalah para veteran yang menjadi pembicara dalam sarasehan Hari Pahlawan di SMAtag. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Hari Pahlawan, SMAtag Tebar Semangat Patriotisme Bersama Veteran

Pendidikan 09 November 2019 18:10 WIB

Memperingati Hari pahlawan pada 10 November besok, SMA 17 Agustus 1945 (SMAtag) Surabaya mengelar acara sarasehan bertema 'Menanamkan Jiwa Patriotisme pada Generasi Muda dalam Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa', Sabtu 9 November 2019.

Kompol (Purn) Minto Wahono (POLRI-BRIMOB) merupakan salah satu veteran Ranting Sukolilo Surabaya, yang turut hadir sebagai salah satu narasumber.

"Tugas saya dan kawan-kawan ialah membangkitkan semangat patriotisme untuk menjaga kesatuan negara Republik Indonesia dalam diri generasi muda," ujar Minto di depan murid SMAtag yang hadir.

Lanjut Minto, tugas generasi muda saat ini bukan memanggul senjata seperti dulu. Tapi mengharumkan nama bangsa lewat pendidikan yang mereka tempuh.

"Menjalankan pendidikan sesuai jadwal membawa nama baik orangtua, sekolah, dan mampu menjadi tauladan itulah harapan kami kepada generasi muda saat ini," tuturnya.

Para veteran dan siswa SMAtag bernyanyi Indonesia Raya sebagai bentuk semangat Hari Pahlawan Foto PitangopibarengidPara veteran dan siswa SMAtag bernyanyi Indonesia Raya sebagai bentuk semangat Hari Pahlawan. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Minto pun berpesan agar para generasi muda tetap mengingat perjuangan para kakek dan neneknya dalam merebut kemerdekaan.

"Sehingga mereka akan sadar bahwa tugas mereka saat ini adalah menjaganya. Bila mereka sadar akan hal ini, perkelahilan, tawuran dan lain sebagainya mungkin tidak akan terjadi," imbuhnya.

Senada dengan Minto, Nunik Silalahi pembina Yayasan Ikatan Wanita Untag juga berpesan soal jiwa patriotisme dalam diri generasi muda. Para veteran atau orangtua yang bisa memberikan teladan tentang hal tersebut.

"Karena kalau anak muda hanya diberi wejangan itu tidak akan ditangkap oleh mereka. Tapi kalau dicontohkan dan diberikan tauladan mereka pasti antusias dengan hal tersebut," kata Nunik.

Selanjutnya, tugas generasi muda saat ini ialah menjaga kenyaman yang sudah diraih oleh para pendahulu. "Dengan membawa nama harum bangsa Indonesia," imbuh dia.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Jun 2020 16:33 WIB

Presiden Lantik Saiful Sulun Sebagai Ketua DPP LVRI

Nasional

Pelantikan Pengurus DPP Legiun Veteran RI di Istana Negara

22 Nov 2019 15:20 WIB

Semarak Hari Pahlawan, Berkreasi Tentang Pahlawan Sekitar

Pendidikan

Semarak hari pahlawan, anak-anak Paud bikin kreasi mengenai pahlawan di sekitarnya.

11 Nov 2019 07:41 WIB

Mars 'Syubbanul Wathan' Bergaung di Balai Kota, Ini Komentar FKB

Surabaya

Pemutaran itu dilakukan setelah upacara peringatan Hari pahlawan 2019

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...