Pilkades 500 Lebih Calon Kades di Kediri Deklarasi Damai

21 Oct 2019 15:11 Politik

Menjelang pelaksanaan Pilkades Serentak 30 Oktober 2019 mendatang, ada sekitar 500 lebih calon kepala desa mengikuti kegiatan Apel akbar Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa. Deklarasi Damai ini dilaksanakan di halaman belakang kantor Bupati Kediri, di jalan Soekarno Hatta Senin 21 Oktober 2019.

Bertindak sebagai pimpinan Apel Kapolres Kediri AKBP Ronie Faisal. Dalam keteranganya, Kapolres Kediri mengatakan, pihaknya akan fokus untuk mengamankan jalannya pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa secara maksimal, di 254 desa di Kabupaten Kediri.

Personel yang diterjunkan untuk pengamanan berkisar 1200 anggota. Kapolres Kediri menilai, semua penyelangaraan Pemilihan Kepala Desa di wilayah Kabupaten Kediri dianggapnya berpotensi rawan terjadi gangguan Kamtibmas.

"1200 Personel untuk pengamanan kegiatan Pilkades serentak di Kabupaten Kediri. Untuk titik rawan di sini, kami anggap rawan semuanya. Tapi pengamanan kami maksimalkan di sini. Kami berharap juga untuk pelaksanaan besok tanggal 30 Oktober bisa berjalan damai dan kondusif," ungkapnya.

Kapolres merinci jumlah 1200 personel yang dikerahkan untuk pengamanan Pilkades sepenuhnya dari Polri. Namun jika diperlukan, pihak dari unsur TNI siap untuk membekap. Dalam kegiatan Deklarasi Damai tersebut, AKBP Ronie Faisal mengimbau kepada semua calon Kepala Desa untuk saling menghargai satu sama lain dan menghindari ujaran kebencian.

"Kami meminta para Cakades harus siap menang dan siap kalah. Dalam pelaksanaan kampanye harus mematuhi aturan yang ada dan hindari konflik antarpendukung. Semua kegiatan harus tertib, damai dan santun. Hindari kambing hitam, ujaran kebencian yang berujung SARA, " imbaunya.

Selain itu, untuk mengantisipasi praktek perjudian disaat pelaksanaan Pilkades berlangsung. Polres Kediri berencana membentuk tim Khusus Botoh. Timsus Botoh ini nantinya akan dipandegani polisi dengan melibatkan unsur terkait.

Dalam kegiatan deklarasi damai, turut hadir Bupati Kediri Haryanti Sutrisno serta sejumlah Satuan Kepala Kerja.

Penulis : Fendhy Plesmana
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini