Biografi Cak Anam

10 Jan 2018 23:02   Tokoh
Biografi Cak Anam

                                      BIOGRAFI CHORUL ANAM (Cak Anam) 

Kali ini yang saya catat kembali adalah sedikit biografi penulis buku NU yakni, Choirul Anam, atau kerap kali dipanggil Cak Anam. Beliau adalah salah satu tokoh NU. Patut kiranya kita mengetahui dan memahami bahwasannya ketika bicara Organisasi PMII tak akan terlepas dari sejara NU. Maka dari itu Biografi ini merupakan upaya mendobrak dan memancing ghiroh sekaligus menjadi cerminan agar terus bergelut dalam pengetahuan dan sejarah.

Choirul Anam, lahir di jombang, Jawa Timur, 30 September 1954. Beliau tamat MINU (Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama) pada tahun 1967. Setelah cukup lama berproses disana beliau melanjutkan ke IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Sunan Ampel, Surabaya. Dalam sejarah beliau tercatat sebagai mahasiswa bebas kuliah Fakultas  Ushuluddin tahun 1978. Selama 4 tahun mendalami NU (Nuhdlatul Ulama) untuk penulisan Skripsi. Dan baru pada Mei 1984 tamat dengan menggondol gelar Sarjana gelar Sarjana Ilmu Aqidah dan Filsafat pada Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Ampel Surabaya. 

Adalah seorang aktivis organisasi internal-kampus dan eksternal-kampus. Di intra-kampus, dua kali menjabat ketua umum senat mahasiswa  Fakultas Ushuluddin, dan pernah pula menjadi ketua presidium Dewan Mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya.  Dalam gerakan mahasiswa 1977/1978 ia termasuk mahasiswa yang “diamankan” selama 4 bulan karena mendemo Presiden Soeharto untuk turun tahta.

 Selain organisasi intra, Beliau juga aktif di berbagai ekstra-kampus maupun organisasi masyarakat, terutama PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) Korcab Jawa Timur, GP Ansor dan NU (Nahdlatul Ulama). Sejak 1978 kerap mengikuti pelatihan jurnalistik dan pers kampus. Pada april s/d juni 1982 diutus oleh K H. Achmad Sjaichu untuk mengikuti “Course Regional  Islamic Da’wah Council of South east Asia and the Pasific” di Universitas Teknologi Malaysia di Kuala Lumpur. Dan di akhir 1982 bergabung sebagai wartawan Majalah Mingguan TEMPO.

Beberapa buku tentang NU yang sudah ditulis : 

1. Pertumbuhan Dan Perkembangan NU

2. Pemikiran KH. Achmad Siddiq

3. Konflik elit PBNU Seputar Muktamar

4. Gerak langkah pemuda ansor

5. PMII berbagai Visi dan Persepsi

6. Dua tahun PKB Jawa Timur

7. Seandainya Aku jadi Matori

8. Jejak langkah sang guru bangsa-suka duka Mengikuti gus dur sejak 1978 (buku pertama).