Vale Mengakuisisi Canico - Kanada
SAPA#1040: Tidak seperti akuisisi Canico oleh Vale, Akuisisi Freeport McMorran oleh PT Aneka Tambang Tbk. bisa disebut hampir mustahil. Freeport berukuran lebih dari 15x Antam. Vale bisa, kenapa Antam tidak? Karena Vale membuka lebar-lebar kran uang masyarakat untuk terus membesar. Sementara Antam hanya mengandalkan uang pemerintah sebagai pesaham pengendali. Lho, kan Antam juga sudah IPO? Dalam korporatisasi, IPO bukan akhir dari proses. IPO justru adalah awal dari proses untuk menjadi perusahaan raksasa. Korporatisasi Antam berhenti di IPO. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi

Vale Mengakuisisi Canico - Kanada

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 09 May 2018 WIB

Tahun 2005 Vale mengakuisisi Canico Resource, perusahaan tambang nickel yang tercatat di Toronto Stock Exchange Kanada senilai CAD 941 juta (IDR 10 T, kurs saat ini). Harga tersebut adalah 29% di atas harga pasar.

Canico Resources adalah perusahaan yang mengelola Onca Puma nickel laterite project, sebuah tambang nikel yang berlokasi di negara bagian Para, Brazil.

Tahun 2006 Vale melakukan pembelian sisa 0,8% saham publik Canico melalui tender offer. Dengan demikian Vale memegang 100% saham Canico. Canico pun delisted dari Toronto Stock Exchange. Sepenuhnya menjadi anak perusahaan Vale.

Akuisisi Vale terhadap Canico pada dasarnya adalah pengambil alihan pengelolaan tambang di negeri sendiri yang sebelumnya dikelola perusahaan asing. Jika mengikuti pola ini terhadap tambang-tambang emas di Tembagapura, Papua, maka PT Aneka Tambang Tbk. harus mengakuisisi Freeport MeMorran di USA. Mampukah Antam melakukannya? Saat ini nilai Freeport MeMorran adalah USD 22,4 Milyar (Rp 314T). Angka ini jauh diatas nilai Aneka Tambang yang Rp 19T. Hampir mustahil. Freeport membesar karena melakukan korporatisasi berkelanjutan sementara Antam korporatisasinya berhenti setelah IPO.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.