Vale: Fluktuasi Bisnis Komoditas
SAPA#1031: Fluktuasi harga bagi perusahaan komoditas adalah realitas yang tidak bisa dihindari. Yang dibutuhkan adalah kemampuan menyesuaikan diri dengan fluktuasi seekstrim apapun. Vale si BUMN Brazil telah membuktikan kemampuannya. Saatnya belajar dari Vale bersama Sarapan Pagi dari SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi

Vale: Fluktuasi Bisnis Komoditas

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 30 Apr 2018 WIB

Tahun 1960-an Munculnya negara-negara baru produsen bijih besi, terutama Australia, tahun 1960-an, mengakibatkan tingginya pasokan melebihi permintaan. Akibatnya terjadi penurunan harga. Jika tahun 1950-an produsen menentukan harga, tahun 1960-an sebaliknya. Pembeli menjadi penentu aturan main.

Pada tahun 1951-1954 harga rata-rata bijih besi adalah USD 12,93 per metrik ton. Tahun 1960-1972, harga rata-rata turun 38% menjadi USD 7,99.

CVRD (Vale) harus menelaah kembali strategi komersialnya. Jika sebelumnya selalu berbasis kontrak tahunan, pada periode kepemimpinan Eliezer Batista, kontrak jangka panjang dengan berbagai pabrik baja dunia ditandatangani.

April 1962 ditandatangani kontrak 15 tahun dengan konsorsium 10 pabrik baja Jepang untuk memasok 50 juta metrik ton. Pengapalan dilakukan melalui Port Tubarao yang dibangun oleh CVRD untuk efisiensi biaya.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.