
Tripod Marketing
DITULIS USER

ngopiTURIAL 28 Dec 2017 WIB
Tripod manajemen. Sebagaimana sebuah tripod, ketiga kakinya harus baik. Buruknya salah satu kaki sudah menjadikan tripod rusak. Secara fungsi, kaki tripod manajemen adalah planning, implementing, controlling. Secara bidang, kaki tripod manajemen adalah marketing, operation dan finance. Perusahaan yang kehilangan salah satu kaki tripod, fungsi maupun bidang, berarti tidak ada manajemen didalamnya. Manajemennya telah rusak.
Ingat kembali tahapan marketing: entrepreneurial marketing, formulated marketing & intrapreneurial marketing. Tahap pertama, entrepreneurial marketing, tidak butuh manajemen. Tahap ke-2 & ke-3 butuh manajemen.
Marketing disebut bermanajemen jika sudah memiliki 3 kaki tripod (fungsi) manajemen: planning, implementing, controlling. Titik kritis dari ketiga kaki ada pada pengukuran. Angka. Tanpa angka berarti tanpa kontrol. Tanpa kontrol manajemen marketing telah ambruk. Bagaimana tripod marketing perusahaan Anda?
SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting
Penulis : Manajemen
Bagikan artikel ini
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.