Semen Indonesia: Pesaham Pengendali Versus Sistem Manajemen

07 Dec 2018 10:34   ngopiTURIAL
Semen Indonesia: Pesaham Pengendali Versus Sistem Manajemen
SAPA#1242: Apakah ketiadaan pesaham pengendali merugikan Semen Indonesia? Sama sekali tidak. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi

Terhadap alternatif penerbitan saham baru Semen Indonesia (SI) untuk dana akuisisi Holcim Indonesia sebagaimana ditampilkan pada SAPA#1241 muncul komentar dari pembaca, “Penerbitan saham baru akan mengakibatkan pemerintah kehilangan posisi sebagai pemegang saham pengendali Semen Indonesia”.

Betul. Begitulah yang terjadi. Masalahnya, banyak orang yang menganggap hilangnya pemegang saham pengendali sebagai sesuatu yang buruk bagi SI. Faktanya, sebaliknya. Justru akan sangat menguntungkan bagi SI, pemegang saham saat ini (Sebagaimana tampilan di atas), karyawan, manajemen, pesaham baru dan bangsa ini.

 

Apa keuntungannya? Pertama, SI akan menjadi fully public company yang sepenuhnya berjalan berbasis sistem. Naik turunnya direktur dan karyawan tidak ditentukan oleh politik (melalui menteri BUMN), tetapi murni berdasarkan kinerja. Anak-anak muda pun makin tertarik bergabung dan akan bekerja keras untuk mencapai karir puncak sebagai direktur dengan pembuktian kinerja. SI pun akan dipenuhi orang-orang hebat yang membuat perusahaan berdaya saing tinggi di bisnis semen global. Keuntungan kedua... Ikuti terus Sarapan Pagi selanjutnya.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting