Seleksi Ketat Investee Saratoga
SAPA#0879: Investment company (IC) sangat ketat dalam menyeleksi perusahaan yang akan menjadi tempat investasi (investee) nya. Sesuatu yang sangat logis karena hanya itulah yang bisa dilakukan sebuah IC untuk mengamankan investasinya. Sebuah IC tidak mungkin ikut campur manajemen investee karena secara keamanan hanya akan mau pegang saham dalam prosentase kecil. Tidak ada wewenang untuk mengendalikan. Juga tidak ada sumber daya untuk itu karena jumlah karyawan hanya sedikit. Seperti Saratoga yang mengelola aset Rp 20T hanya dengan 52 karyawan dan hanya mengambil 2 dari 102 peluang investasi yang masuk. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Seleksi Ketat Investee Saratoga

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 29 Nov 2017 WIB

Saratoga menyatakan diri sebagai perusahaan investasi aktif. Dalam 3 tahun terakhir perusahaan investasi dengan aset bernilai Rp 20 T (31 Desember 2016) ini telah melakukan investasi Rp 1,7T, Rp 420 Milyar diantaranya dilakukan pada tahun 2016.

Sebagaimana karakter perusahaan investasi pada umumnya, Saratoga sangat ketat dalam meyeleksi calon investee untuk keamanan investasinya. Dari 102 peluang investasi yang masuk tahun 2016, hanya 41 yang lolos penilaian awal. Lalu diperas lagi tinggal 27 yang lolos tahap desktop diligenceSelanjutnya tinggal 2 yang lolos tahap term sheet. Akhirnya hanya 2 perusahaan yang benar-benar menjadi investee. Setia pada doktrin investasi: Aman, aman, aman, hasil!

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.