Sejarah Unilever: Akuisisi Perusahaan Wewangian Nardeen

22 Apr 2019 16:59   ngopiTURIAL
Sejarah Unilever: Akuisisi Perusahaan Wewangian Nardeen
SAPA#1340: Sejarah Unilever.... Akuisisi perusahaan wewangian Nardeen. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di Gerakan Indonesia Tertib Antri (GITA).

Tahun 1986 Unilever mengakuisisi Nardeen, sebuah perusahaan berbasis di Belanda dan menguasai pasar 24 negara. Nardeen adalah perusahaan pemasok penyedap rasa dan wewangian. Akuisisi dimaksudkan untuk memperkuat keahlian Unilever di bidang wewangian dan perasa makanan. Akuisisi  ini memperkuat bisnis wewangian & penyedap rasa Unilever menjadi dua kali lipat.

Akuisisi dilakukan oleh perusahaan operasional (operating company) untuk menjadikan si terakuisisi sebagai anak perusahaan (subsidiary). Contohnya akuisisi Nardeen oleh Unilever. Si pengakuisisi kemudian menjadi induk (parent) dari di terakuisisi. Sama-sama membeli saham, jika yang melakukan adalah sebuah investment company (IC/holding company/non operating company) maka akan disebut investasi. Si IC menjadi investor dan perusahaan yang sahamnya dibeli menjadi investee. Parent company cenderung membeli hampir 100% saham subsidiary, sedangkan IC cenderung membeli saham dalam prosentase kecil, dibawah 10%.

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting