Sejarah Unilever: Akuisisi Lipton Tea

01 Apr 2019 18:01   ngopiTURIAL
Sejarah Unilever: Akuisisi Lipton Tea
SAPA#1328: Sejarah Unilever.... Akuisisi Lipton Tea. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Tahun 1971 Unilever mengakuisisi Lipton Tea. Bisnis teh Unilever pun menjadi salah satu dari yang terbesar di dunia. Pendiri Lipton, Sir Thomas J Lipton, membeli kebun teh pertamanya di Ceylon (kini Sri Lanka) tahun 1890 untuk mendukung pasokan bisnis tehnya. Ia merancang pengemasan dan pengiriman teh langsung ke pasar dalam rangka menekan biaya.

 

Secara finansial, akuisisi pada dasarnya adalah perlombaan murahnya biaya modal (cost of capital) antar perusahaan. Perusahaan dengan cost of capital rendah akan mampu mengakuisisi perusahaan lain yang cost of capital-nya lebih tinggi. Karena akuisisi adalah cara cepat berekspansi, apa lagi di pasar luar negeri, maka hanya perusahaan ber-cost of capital rendah saja yang mampu tumbuh pesat di dalam dan luar negeri. Seperti Unilever.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting