Sejarah Unilever 1980-an: Kembali Fokus Pada Core Competence

11 Apr 2019 16:18   ngopiTURIAL
Sejarah Unilever 1980-an: Kembali Fokus Pada Core Competence
SAPA#1335: Sejarah Unilever 1980-an, kembali fokus pada core competence. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di Rsi Siti Aisyah Madiun.

Awal tahun 1980-an, Unilever adalah perusahaan terbesar ke-26 dunia dengan bisnis termasuk plastik, kemasan, perkebunan di daerah tropis, dan pengangkutan kapal, melengkapi bisnis produk makanan dan perawatan diri maupun rumah. Pada awal dekade ini pula, dengan perubahan strategi besar-besaran, Unilever memutuskan untuk kembali fokus pada produk-produk yang kuat di pasar dan memiliki potensi pertumbuhan tinggi. Kebutuhan rasionalisasi mengarahkan pada serangkaian akuisisi dan juga divestasi besar-besaran. Hasilnya, pada tahun 1989 pertumbuhan bisnis inti telah jelas dirasakan.

 

Kembali fokus pada core competence. Itulah yang dilakukan oleh Unilever pada dekade 1980-an dan tuntas tahun 1989. Bisnis yang diluar core competence dijual. Hasilnya digunakan untuk akuisisi besar-besaran perusahaan yang sesuai core competence. Ini adalah tuntutan stratejik. Jika tidak, Unilever akan kalah oleh pesaing-pesaingnya yang lebih fokus pasa core competence.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting