Seberapa Lemah Kaki Finansial Tripod Manajemen Garuda Indonesia?
SAPA#0910: Garuda Indonesia. Mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Menjadi maskapai penerbangan yang disukai dan diposisikan tinggi di pasar nasional. Tapi tercekik secara finansial. Saat tepat bagi Garuda untuk memperkuat kaki finansial Tripod Manajemennya dengan pola Gergaji Korporatisasi. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Seberapa Lemah Kaki Finansial Tripod Manajemen Garuda Indonesia?

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 02 Jan 2018 WIB

Tripod manajemen: pemasaran, operasional, keuangan. Sebuah perusahaan akan kuat jika ketiga kaki tripod sama kuat. Sebaliknya, akan hancur jika salah satu kaki hancur.

Kekuatan kaki pemasaran Garuda Indonesia diakui di pasar nasional maupun dunia (SAPA#0909). Tapi kaki finansialnya sangat lemah. Indikasinya adalah arus kas operasional yang minus USD 22,5 Juta (Rp 304 Milyar).

Sebuah perusahaan rugi secara operasional tidak akan bermasalah jika kas operasionalnya masih positif. Masih bisa membayar seluruh kewajiban sesuai komitmen.

Tapi jika arus kas operasional minus, perusahaan kesulitan membayar kewajibannya tepat waktu. Rawan dipailitkan oleh kreditur. Menambah utang adalah solusi darurat. Garuda pun seperti ini. Tapi ini akan memperparah sesak napasnya karena rasio utang (DER) sudah tinggi. Alternatifnya hanya melepas saham baru ke publik (right issue) membentuk korporatisasi (SAPA#0897) untuk tumbuh membesar. Atau membiarkannya tercekik?

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Kelas Manajemen, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, SNF Consulting, Management Sparring Partner

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.