Sebaran Geografis Penjualan dan Risiko Politik Danone

13 Feb 2018 11:43   ngopiTURIAL
Sebaran Geografis Penjualan dan Risiko Politik Danone
SAPA#0955: Si jago kandang mengamankan risiko politik dengan masuk menjadi politisi. Si kelas dunia mengamankan risiko politik dengan sebaran geografis lintas negara sehingga jika omzet di suatu negara hilang karena faktor politik tidak berakibat signifikan terhadap bisnisnya. Danone adalah contoh si kelas dunia. Anda jago kandang atau kelas dunia? ***Judul buku ke 8 karya Iman Supriyono. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi

Pada tahun 2016, dari pendapatan Danone Rp 365T, Amerika Serikat menjadi negeri dengan kontribusi pendapatan terbesar. Negeri dengan PDB terbesar dunia ini menyumbang 11% dari pendapatan Danone.

Negeri asalnya, Perancis hanya berkontribusi 10% dari penjualan Danone. Perancis berada pada posisi kedua kontributor penjualan Danone. Ini juga bermakna bahwa 90% pendapatan Danone berasal dari luar negara asalnya.

Indonesia berkontribusi 6% terhadap pendapatan Danone. Artinya, negeri dengan PDB terbesar ke-16 dunia ini berkontribusi Rp 22 T terhadap penjualan Danone.

Dengan sebaran geografis di atas, Danone telah sukse mengelola risiko politiknya. Jika misalnya ada perubahan politik yang menghilangkan pendapatannya dari Indonesia, Danone hanya akan kehilangan 6% penjualan. Masih aman.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting