Sarihusada: Mengapa Go Private?
SAPA#0948: Konsolidasi bisnis global akan terus terjadi. Mengakuisisi atau diakuisisi. Perusahaan yang tidak mengakuisisi akan diakuisisi. Yang tidak melakukan keduanya akan terdesak di pasar. Mari pelajari dari pengalaman Sarihusada bersama Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Sarihusada: Mengapa Go Private?

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 06 Feb 2018 WIB

Begitu diakuisisi oleh Numico, Sarihusada melakukan go private. Sahamnya yang semula tercatat di Bursa Efek Indonesia kemudian ditarik dari peredaran. Tidak lagi tercatat di lantai bursa. Mengapa demikian? Apakah ini berlawanan dengan tuntutan untuk korporatisasi?

Go private dilakukan dalam rangka efektifitas konsolidasi. Sebagai anak perusahaan dari Numico dan kemudian Danone, segala kebijakan Sarihusada harus sepenuhnya sesuai dan dalam kendali penuh Numico (selanjutnya Danone). Bahkan direksi Sarihusada pun kedudukannya setara manajer di Danone. Ini tidak bisa dilakukan jika Sarihusada tetap tercatat di lantai bursa.

Tidakkah bertentangan dengan proses korporatisasi? Tidak. Korporatisasi terus dilakukan di Numico (Selanjutnya Danone). Modal nyaris tanpa batas sebagai salah satu hasil proses korporatisasi dipenuhi dengan rights issue. Numico (Selanjutnya Danone). Dengan kapitalisasi pasar EUR 42,28 Milyar (Rp 708T), melepas saham baru 10% saja Danone akan memperoleh dana sekitar Rp 70T. Cukup untuk belanja modal anak perusahaan di berbagai negara, termasuk Sarihusada.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.