Rugi Goldman Sachs Dalam Privatisasi Bp

03 Oct 2019 17:10   ngopiTURIAL
Rugi Goldman Sachs Dalam Privatisasi Bp
SAPA#1440: Rugi Goldman Sachs dalam Privatisasi BP. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Pada tahun 1980-an, Goldman Sachs memegang peran kunci di UK saat maraknya privatisasi pada era kepemimpinan Perdana Menteri Margaret Thacher. Awal 1977. Goldman adalah underwiter untuk tahapan privatisasi BP di USA. Tahun 1987, Goldman menjadi penasihat untuk akuisisi Standard Oil Co di Cleveland yang kemudian menjadi basis BP di USA. Tahun yang sama, Goldman menjadi underwriter di USA untuk privatisasi 31,5% saham pemerintah UK di BP. Dikombinasikan dengan penerbitan saham baru BP, transaksi ini bernilai GBP 7.25 Milyar (USD 12 Milyar).

Penawaran saham tersebut direncanakan dilakukan pada hari Jum'at, 30 Oktober 1987. Tetapi kemudian terjadi apa yang disebut Black Monday, 19 Oktober 1987, yaitu turunnya harga  saham secara global. Karena posisinya sebagai underwriter, Goldman harus menanggung kerugian. Goldman membeli semua saham yang diterbitkan BP. Goldman Sachs pun mengalami kerugian terbesar sepanjang sejarahnya menjadi underwriter.

Menjadi underwriter memang berisiko rugi. Goldman Sachs pun tidak luput dari risiko ini. Itulah yang terjadi saat Goldman menjadi underwriter bagai privatisasi BP.

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting