Rencana Penggunaan Dana IPO Kioson
SAPA#0853: Rumus dasar perusahaan tumbuh pesat lintas negara: temukan dan terus perkuat core compentence yang dibutuhkan pasar lintas bangsa. Pasar pun akan terus memaksa perusahaan bereksansi. Ekspansi butuh belanja modal besar. Berkali- kali lipat laba atau perolehan kas operasionalnya. Perusahaanpun dipaksa terus menambah setoran modal yang tidak bisa lagi mengharapkan pesaham yang ada. Mesti membuka kesempatan pihak lain dan masyarakat luas untuk ikut menyetor modal sebagai pesaham baru melalui private placement dan IPO. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Rencana Penggunaan Dana IPO Kioson

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 03 Nov 2017 WIB

Hasil dana penawaran umum perdana (IPO) Kioson sebagaimana dalam prospektus akan digunakan untuk dua kepentingan. Pertama, sekitar 75,76% akan digunakan unuk mengakuisisi 99,34% saham PT Monjess Investama pada PT Narindo Solusi Komunikasi. Kedua, sekitar 13,13% untuk menambah modal kerja antara lain untuk pengadaan persediaan terutama barang-barang elektronik dan gadget.

Mengapa perusahaan kecil seperti Kioson perlu dan sukses melakukan IPO sedangkan perusahaan lain yang lebih besar tidak? Ini adalah pertanyaan seorang pembaca Sarapan Pagi edisi tentang IPO Kioson.

IPO adalah masalah kebutuhan belanja modal (capital expenditure, capex) pada aset pemicu pendapatan (revenue driver). Sebuah perusahaan dengan core competence diakui pasar akan dipaksa terus berekspansi memenuhi kebutuhan pasar yang makin luas. Ekspansi membutuhkan capex  berkali-kali lipat dari laba atau perolehan arus kas operasionalnya. Jika masih ada uang, pesaham yang ada bisa menambah setoran modal. Jika tidak, maka perusahaan mesti membuka kesempatan bagi pihak lain. IPO adalah memberi kesempatan pihak lain yaitu masyarakat luas untuk ikut menyetor modal.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Road Map, Kelas Manajemen, Konsultan Manajemen, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.