Produk Bermerek: Laba Bruto Mayora
SaPa SNF Consulting

Produk Bermerek: Laba Bruto Mayora

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 24 Aug 2017 WIB

PRODUK tanpa merek (atau bermerek tetapi bukan merek kuat) alias komoditas akan berkarakter price taker, bukan price maker. Mengikuti harga, bukan menentukan harga. Perusahaan dengan karakter ini mesti menjual produknya pada harga pasar.

Saat harga berfluktuasi, perusahaan tidak bisa menjual kecuali mengikuti itu. Persaingan sepenuhnya terletak pada efisiensi internal perusahaan.sebaliknya perusahaan dengan produk bermerek adalah price maker. Monopolitik alias sepeerti monopoli. Konsumen "terpaksa" mengikuti harga perusahaan.

Dengan produk bermerek kuat, laba bruto Msayora (penjualan dikurangi HPP) 2015 dan 2016 masing-masing addalah 28,3 % dan 26,7 % dari penjualan bersih. Angka ini bisa menjadi bench mark bagi perusahaan sejenis. (SaPa0782)

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.