Pos Indonesia Vs. Pos Jerman (DHL)
SAPA#0859: Pada era korporatisasi dengan perilaku konsumen yang berpola crowding effect, sebagai pesaham perusahaan pemerintahpun mesti memilh satu dari dua alternatif. Pertama, memberi kesempatan kepada masyarakat luas untuk ikut menyetor modal. Kedua, meutup diri tetap mengendalikan bahkan 100% perusahaan. Alternatif pertama akan memberi kesempatan seluas-luasnya kepada direksi dengan pasokan modal nyaris tanpa batas untuk menggenjot pertumbuhan perusahaan melampaui sekat-sekat negara. Alternatif kedua akan menjadikan perusahaan terhambat pertumbuhannya. SDM hebat akan lebih tertarik bergabung pada perusahaan alternatif pertama yang penuh tantangan global. Maka, jangan heran bila perusahaan alternatif pertama akan masuk menggerogoti pasar perusahaan alternatif kedua. Seperti DHL yang masuk pasar Pos Indonesia dan tidak sebaliknya. Pemerintah Jerman memilih memiliki 20,9% saham dari sebuah perusahaan yang menguasai pasar di lebih dari 200 negara dari pada saham 100% pada perusahaan yang hanya menguasai pasar satu negara. Bagaimana pendapat Anda? Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Pos Indonesia Vs. Pos Jerman (DHL)

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 09 Nov 2017 WIB

Pos Indonesia adalah BUMN pos yang sahamnya 100% dipegang oleh pemerintah RI. Deutsche Post DHL (DPDHL) adalah BUMN Pos Jerman yang kini telah menjadi fully public company tanpa pesaham pengendali. Pemerintah Jerman hanya memegang 20,9% saham melalui KfW Bankengruppe, bank pembangunan miliknya. Selebihnya, 79,1% milik publik.

Penurunan prosentase saham pemerintah Jerman terjadi karena terdilusi akibat kebutuhan belanja modal yang besar untuk tumbuh secara organik maupun akuisisi. Merek DHL sendiri adalah hasil akuisisi.

Dengan keterbukaan terhadap masuknya dana publik melalui lantai bursa, kini DPDHL hadir di lebih dari 220 negara, termasuk di Indonesia, bersaing langsung dengan Pos Indonesia. Pendapatan DPDHL tahun 2016 adalah EUR 57 Milyar (Rp 862T) alias 179x Pos Indonesia. Dengan kapitalisasi pasar Rp 233T, nilai saham pemerintah Jerman saat ini adalah Rp 49T.

 

SOP, KPI Studi Kelayakan, Road Map, Kelas Manajemen, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, SNF Consulting, Management Sparring Partner

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.