Ocbc Mengakuisisi Nisp
SAPA#1144: OCBC Bank mengakuisisi Bank NISP. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Ocbc Mengakuisisi Nisp

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 21 Aug 2018 WIB

Tahun 2004 OCBC Bank membeli 22,5% saham Bank NISP dari investor publik.

Tahun 2005 dalam sebuah wawancara Swa Online Pramukti Surjaudaja, direktur utama dan keluarga pendiri NISP, menyampaikan bahwa sudah lama pendiri dalam posisi memiliki saham 35%. Sudah lama NISP menjadi perusahaan yang sepenuhnya dimiliki publik.

Keluarga pendiri memilih nilai saham dan perusahaan yang tumbuh. Bukan mempertahankan sebagai pengendali tetapi perusahaan tidak tumbuh. Pramukti menggambarkan, saat IPO tahun 1994 kepemilikan pendiri adalah 80% dengan nilai modal Rp 103,2 Milyar. Nilai pasar saham pendiri ketika itu adalah Rp 155 M (50 juta lembar @ Rp. 3.100). Tahun 2005 saham pendiri 23,26% tetapi modal perusahaan membesar 14x. Nilai pasar saham pendiri menjadi Rp. 2,3T.

Tahun 2005 OCBC meningkatkan kepemilikan sahamnya di bank NISP melalui tender offer saham publik dengan harga di atas harga pasar hingga menjadi pemegang saham mayoritas. Tahun 2008 NISP berganti nama menjadi OCBC NISP. Saat ini OCBC memegang 85,1% saham OCBC NISP.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.