Net Interest Margin Ocbc Vs. Bri
SAPA#1146: Siapa yang ber-mindset utang? Siapa yang raja utang? Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Net Interest Margin Ocbc Vs. Bri

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 23 Aug 2018 WIB

Net interest margin (NIM) Bank OCBC 2017 adalah 1,65%. NIM adalah pendapatan bunga yang diterima dari debitur (nasabah peminjam) dikurangi beban bunga yang dibayarkan kepada kreditur (nasabah penabung/pendeposito) dibagi aset yang berada di tangan debitur.

NIM tahun 2017 menurun dibanding tahun sebelumnya 1,67%. Penurunan NIM sementara pendapatan naik bermakna makin tinggi peran pendapatan non bunga. Semula 40,5% menjadi 43,7% dari total pendapatan.

Tahun yang sama Bank BRI melaporkan NIM 7,9%. Turun dari tahun 2016 ynag 8,0%. Tingginya NIM berkorelasi dengan rendahnya peran fee based income yaitu Rp. 10,4 T (10% dari total pendapatan Rp 102,9T).

Tingginya peran pendapatan bunga bisa dibaca sebagai mindset utang yang dominan di kalangan pelaku bisnis. Para pebisnis belum membuka diri untuk masuknya sumber modal dari penerbitan saham baru (korporatisasi).

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.