Muamalat: Pesaham & Right Issue
SAPA#0828: Pada RUPS Luar Biasa tanggal 20 September 2017 bank muamalat memutuskan untuk melepas saham baru pelalui Penawaran Umum Terbatas VI (PUT VI) dengan memberi Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) kepada pemegang saham yang sudah ada. PUT VI akan melepas sebanyak-banyaknya 80 Milyar lembar saham seri B baru dengan nilai nominal Rp 100 perlembar. Harga pelaksanaan akan diumumkan melalui prospektus. Bagaimana pengaruh PUT VI ini bagi Muamalat? Ikuti terus Sarapan Pagi tiap hari persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Muamalat: Pesaham & Right Issue

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 09 Oct 2017 WIB

Pada daftar pesaham Bank Muamalat sudah tidak ada pesaham memiliki lebih dari 50%. Muamalat bukan merupakan anak perusahaan (subsidiary) dari perusahaan lain manapun. Sepenuhnya perusahaan publik walaupun tidak tercatat di lantai bursa (non listed public company).

Tidak adanya pesaham pengendali mengandung dua konsekuensi. Pertama, Muamalat mudah melakukan right issue karena tidak ada pesaham yang perlu takut kehilangan kendali. Kedua, pesaham yang ada tidak mungkin terus-menerus menyerap saham baru dalam right issue.  Tidak menarik untuk terus-menerus menyetor modal baru karena pendapatan & aset Muamalat tidak dikonsolidasikan sebagai pendapatan & aset mereka. Mereka cenderung berperilaku sebagai investor murni yang secara finansial hanya bisa mengharap dividen.

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.