
Memperkuat Tripod Manajemen: Tiga Tahapan Pemasaran
DITULIS USER

ngopiTURIAL 27 Dec 2017 WIB
Tiga kaki tripod manajemen (bidang generik): pemasaran, operasional, keuangan. Kekuatan ketiganya adalah kekuatan perusahaan. Lemah salah satu akan melemahkan perusahaan. Mulai hari ini, SAPA akan membahas salah satu kaki pemasaran!
Kottler dalam "Marketing Management Millenium Edition" menyebut ada 3 tahapan pemasaran perusahaan: entrepreneurial marketing, formulated marketing dan Intrapreneurial marketing.
Kebanyakan perusahaan diawali dengan seseorang yang memvisualisasikan sebuah peluang yang diyakininya lalu mengetuk pintu untuk memperoleh perhatian. Bekerja keras membuktikan bahwa idenya laku. Inilah entrepreneurial marketing. Bila sukses, mau tidak mau perusahaan akan membuat rumusan pemasaran (formulated marketing) dengan merekrut karyawan untuk hasil yang lebih masal. Suatu saat, formulated marketing bisa mengalami keberhentian. Dibutuhkan intrapreneurial marketing. Berinovasi dalam kerangka rumusan dan sistem manajemen yang telah ada.
SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting
Penulis : Manajemen
Bagikan artikel ini
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.