Matahari, Terdisrupsikah ?
SAPA#0789: Tahun 1979 Michael E Porter dari Harvard University mengemukakan sebuah model persaingan bisnis yang disebutnya Five Forces. Bahwa persaingan bukan hanya terjadi dengan perusahaan lain yang produknya sejenis alias persaingan dalam industri. Ini hanya salah satu. Masih ada 4 yang lain yaitu: kekuatan pemasok, kekuatan pembeli, produk substitusi dan pendatang baru. Belakangan ini istilah disrupsi sedang tenar. Habisnya bisnis pengantaran surat oleh hadirnya e-mail adalah contohnya. Dikatakan bahwa kantor pos terdisrupsi oleh e-mail. Fenomena ini sebenarnya telah dijelaskan oleh Porter sejak tahun 1979 dengan salah satu dari five forcesnya: produk substitusi. Bisnis surat menyurat disubstitusi oleh e-mail. Belakangan muncul isu bahwa bisnis toko ritel tersubstitusi alias terdisrupsi oleh toko online. Benarkah? Lihat kinerja Matahari Dept Store semester pertama 2017. Omset dan laba tetap tumbuh meyakinkan. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Matahari, Terdisrupsikah ?

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 31 Aug 2017 WIB

PENJUALAN Matahari semester I/2017 Rp. 5,737 T naik 11% dari periode sama tahun lalu. Laba kotor Rp. 3,655T alias 64% dari penjualan. Laba Rp. 1,338T (23% penjualan) yaitu naik 16%. Aset Rp. 6,313T, ada penambahan Rp. 1,455T alias 30% dari posisi akhir tahun 2016. Kinerja Matahari cukup meyakinkan di tengah gegap gempita diskusi media sosial tentang disrupsi.

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.