Martina Berto: Biaya Iklan dan Promosi
SAPA#1003: Iklan dan promosi adalah kebutuhan pokok bagi FMCG. Tapi tentu saja tidak sembarang iklan. Iklan yang tidak tepat bisa jadi bumerang. Mari pelajari dari Martina Berto bersama Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Martina Berto: Biaya Iklan dan Promosi

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 02 Apr 2018 WIB

Tahun 2017, Martina Berto, pemilik merek Sariayu, menggelontorkan dana iklan dan promosi sebesar Rp 135 Milyar. Angka tersebut adalah 18% dari penjualan perusahaan. Tahun 2016 hanya Rp 47 M alias 7% dari penjualan. Inilah salah satu penyebab kerugian Rp 25 M pada kinerja tahun 2017.

Berapa angka yang tepat untuk belanja iklan? Sebagai perbandingan. Unilever Indonesia yang juga berada di industri FMCG menggelontorkan belanja iklan dan riset pemasaran sebesar Rp 2.667T alias 6% dari penjualan tahun yang sama yaitu Rp 41.205T.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.