Kioson: IPO Dalam Kondisi Rugi
SAPA#0851: Perusahaan yang pendapatannya tumbuh pesat, laba ataupun rugi, butuh tambahan setoran modal yang besar. Pemegang saham yang ada mesti memilih satu dari tiga alternatif: menambah setoran modal dari kangung sendiri, tidak menambah setoran modal tapi memberi kesempatan pihak lain untuk menyetor, atau menekan pertumbuhan dengan risiko hengkangnya SDM progresif lalu tergilas di pasar. Kioson memilih alternatif pertama. IPO adalah membuka jalan seluas-luasnya kepada pihak lain untuk ikut menyetor modal guna memperbesar perusahaan dan bergabung sebagai pemegang saham. Lho, perusahaan kan masih rugi? Rugi di industri yang sedang tumbuh dengan core competence cukup tidak menghalangi investor sejati untuk masuk. Seperti Kioson. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Kioson: IPO Dalam Kondisi Rugi

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 01 Nov 2017 WIB

PT Kioson Komersial Indonesia Tbk. berdiri tahun 2015 dengan visi sebagai perusahaan yang membangun jaringan retailer terbesar di Indonesia bekerja sama dengan pihak mitra usaha pedagang kecil dan menengah yang terbesar di seluruh pelosok nusantara. Tujuh bulan di tahun 2015 pendapatannya Rp 2 M. Tahun berikutnya naik 13 kali lipat menjadi Rp. 26 M. Dalam 4 bulan pertama 2017 pendapatannya sudah sama dengan pendapatan setahun di 2016. Tapi pendapatan tersebut masih berbuah kerugian.

Pesatnya pertumbuhan pendapatan butuh tambahan modal. Maka, Kioson IPO melepas 23% saham baru & meraup Rp 45 Milyar. Perolehan IPO hampir setara modal setor sebelum IPO Rp 50 Milyar, menjadikan aset naik 2x lipat.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Road Map, Kelas Manajemen, Konsultan Manajemen, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.