KINO: Makanan & Minuman
SAPA#0825: Kino memposisikan diri sebagai perusahaan consumer goods. Di dalam industri ini (fast moving consumer goods) ada industri makanan, minuman, perawatan pribadi (personal care/toiletries), produk kecantikan, dan farmasi. Industri yang luas sekali. Luasnya industri juga berkonsekuensi banyaknya pesaing. Sementara para pesaing yang banyak itu ada yang memposisikan diri pada keahlian yang lebih sempit. Mayora misalnya, memposisikan diri sebagai perusahaan makanan dan minuman tapi skalanyabjauh lebih besar dari pada Kono. Bahkan ada yang hanya menekuni bisnis minuman saja seperti Coca Cola Company dengan skala yang jauh lebih besar dan mendunia. Posisi menentukan pesaing dan daya saing sebuah perusahaan. Untuk pemulihan dari gejala IPO Trap, haruskah Kino mereposisi diri? Ikuti terus Sarapan Pagi dari SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

KINO: Makanan & Minuman

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 06 Oct 2017 WIB

PT Kino Indonesia Tbk. memposisikan diri sebagai perusahaan yang bergerak di industri consumer goods. Dengan posisi tersebut, pada laporan keuangannya KINO membagi pendapatannya menjadi empat segmen: perawatan tubuh, makanan, minuman dan farmasi. Keempatnya mengalami penurunan penjualan pada semester I/2017.

Pada setiap segmen, Kino menghadapi pesaing. Segmen makanan & minuman ada Mayora yang memposisikan diri sebagai perusahaan makanan minuman. Omzet Kino di segmen ini Rp 779 Milyar. Mayora Rp 9,390T. Dengan omzet 1/12 Mayora, jelas crowding effect akan berada di tangan Mayora. Baca ulasan-ulasan Sarapan Pagi terdahulu tentang fenomena crowding effect dalam perilaku konsumen modern.

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.