Keuntungan Penerbitan Saham Baru Semen Indonesia Untuk Akuisisi H

10 Dec 2018 14:01   ngopiTURIAL
Keuntungan Penerbitan Saham Baru Semen Indonesia Untuk Akuisisi H
SAPA#1243: Keuntungan penerbitan saham baru bagi Semen Indonesia untuk dana akuisisi Holcim Indonesia. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi

Sebagaimana dibahas pada SAPA#1241, menerbitkan saham baru adalah satu-satunya alternatif yang menguntungkan untuk pembiayaan akuisisi Holcim Indonesia bagi PT Semen Indonesia Tbk. (SI). Keuntungan pertama telah dibahas pada SAPA#1242.

Keuntungan kedua, pemegang saham saat ini, termasuk pemerintah RI akan menikmati peningkatan nilai buku perusahaan. Ini terjadi karena saham yang secara nominal di akta (per value) bernilai Rp 100,- akan dibayar sesuai harga pasar. Harga pasar saham SI hari ini adalah Rp 11.250, artinya, tiap lembar saham yang diterbitkan akan dimiliki investor baru dengan menyetor uang Rp 11.250. Rp 100 dari uang tersebut dibukukan sebagai modal disetor, dan selebihnya, Rp 11.150 dibukukan sebagai tambahan modal disetor.

Tambahan modal disetor dalam istilah akuntansi disebut juga sebagai agio saham. Agio saham bisa dipandang sebagai “upeti” dari pemegang saham baru kepada perusahaan. Agio saham juga merupakan nilai finansial atas aset-aset intangible perusahaan seperti merek, hubungan dengan pemasok, hubungan dengan pelanggan dan sebagainya.

 

Peningkatan nilai buku akan memperbaiki rasio antara nilai buku dan nilai pasar yang ujung-ujungnya akan meningkatkan nilai pasar. Itulah keuntungan kedua. Apa keuntungan ketiga? Ikuti terus Sarapan Pagi.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting