Keuntungan Penerbitan Saham Baru Semen Indonesia: Lincah Mengakui

10 Dec 2018 14:02   ngopiTURIAL
Keuntungan Penerbitan Saham Baru Semen Indonesia: Lincah Mengakui
SAPA#1244: Semen Indonesia mengakuisisi perusahaan-perusahaan semen di berbagai negara, mau? Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Sebagaimana dibahas pada SAPA#1241, menerbitkan saham baru adalah satu-satunya alternatif yang menguntungkan untuk pembiayaan akuisisi Holcim Indonesia bagi PT Semen Indonesia Tbk. (SI). Keuntungan pertama dan kedua telah dibahas pada SAPA#1242-43.

Keuntungan ketiga, Semen Indonesia akan menikmati cost of capital yang rendah. Rendahnya cost of capital menjadi syarat ekspansi secara mutlak agar perusahaan mampu berekspansi secara masif ke berbagai negara melalui akuisisi perusahaan-perusahaan setempat. Akuisisi adalah cara lazim bagi sebuah perusahaan terkorporatisasi untuk masuk ke pasar sebuah negara dengan cepat.

Misal ada sebuah perusahaan semen XYZ di sebuah negara di luar negeri yang telah menguasai pasar setempat dengan laba Rp 1 Trilyun (pertahun). Semen Indonesia bisa mengakuisisi dengan menawarkan kepada para pemegang saham XYZ dengan harga setara dengan 30 tahun laba alias Rp 30 Trilyun. Tawaran seperti ini pasti akan sangat menggiurkan para pemegang saham.

 

Apakah SI untung dengan harga mahal tersebut? Jawabnya: Ya. Karena SI membiayainya dengan menerbitkan saham baru. Untuk Rp 30 Trilyun tersebut SI cukup membayar dividen Rp 366 Milyar pertahun, sesuai dengan dividend yield SI selama ini yang sebesar 1,22% pertahun.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, SNF Consulting, Management Sparring Partner