KEPCO: Investasi & Pasar Luar Negeri

16 Nov 2017 10:18   ngopiTURIAL
KEPCO: Investasi & Pasar Luar Negeri
SAPA#0866: Kebanyakan bangsa-bangsa memang tidak bermental penguasa dunia. Memandang negerinya tidak kekurangan satu apapun sehingga tidak perlu mencari segala sesuatu di luar. Tidak banyak bangsa yang bermental penguasa dunia. Korea Selatan, melalui perusahaan-perusahaannya, termasuk KEPCO, adalah salah satu dari yang sedikit itu. Menguasai dunia bukan karena bangsanya kekurangan sesuatu. Tapi karena jati diri dan mental juara. Karena core competence yang dibutuhkan dunia. Modalnya dari mana? Cukup membuka diri terhadap partisipasi masyarakat luas melalui IPO dan right issue di lantai bursa. Sebagai warga negara dan artinya adalah pemilik PLN, apakah Anda mengijinkan PLN untuk bermental seperti KEPCO? Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Pada tahun 2016, arus kas untuk investasi KEPKO adalah KrW 9,6T (Rp 116 T) alias 1,4x labanya yang 7,0T (Rp 85T). Pada periode yang sama, PLN membelanjakan kas untuk investasi sebesar 55T alias 5x labanya yang Rp 11T.

Dengan belanja modal yang besar, KEPCO hadir di 33 proyek di 19 negara, termasuk Indonesia. Pasar luar negeri KEPCO secara akumulatif sampai akhir 2015 telah menghasilkan pendapatan KrW 21T (Rp 254T).

Pada era pra korporatisasi, suatu bangsa menguasai bangsa lain melalui kolonialisme. Pada era korporatisasi, cukup dengan investasi untuk penguasaan pasar.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Road Map, Kelas Manajemen, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, SNF Consulting, Management Sparring Partner