Investasi & Siklus DER Embraer
SAPA#0886: Siklus rasio utang terhadap modal sendiri (DER) perusahaan yang tumbuh pesat: naik karena investasi jauh lebih besar dari pada laba, lalu turun lagi karena rights issue. Naik lagi karena terus invetasi tinggi. Turun lagi karena rights issue lagi. Begitu seterusnya. Perusahaan Anda Seperti Embraer? Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Investasi & Siklus DER Embraer

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 06 Dec 2017 WIB

Arus kas untuk investasi Embraer tahun 2016 adalah 3,382 Milyar Reais (Rp 14T). Arus kas tersebut adalah 6x dari labanya yang sebesar 592 Juta Reais (Rp 2,4T).

Berinvestasi jauh melebihi laba adalah ciri perusahaan tumbuh pesat. Dananya dari utang dengan melepas obligasi atau sukuk. Tentu rasio utang (DER) akan naik. Suatu saat DER akan menyentuh batas aman dan butuh tambahan modal dengan melepas saham baru (rights issue). Investasi terus tinggi. Uang hasil rights issue akan habis. Utang lagi DER naik lagi. Selanjutnya rights issue lagi. Demikian siklus perusahaan yang tumbuh pesat. Seperti Embraer.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.