Investasi BUMN Konstruksi: RI Vs. RRC

08 Nov 2017 09:05   ngopiTURIAL
Investasi BUMN Konstruksi: RI Vs. RRC
SAPA#0858: Persaingan bisnis pada dasarnya adalah persaingan belanja modal pada aset pemicu pendapatan. Maka, BUMN yang sibuk mendirikan anak perusahaan diluar core competencenya pada dasarnya sedang membiarkan dirinya dikalahkan oleh pesaing yang fokus sehingga belanja modalnya jauh lebih besar. Ingat, persaingan yang sedungguhnya bukanlah dengan perusahaan-perusahaan nasional. Persaingan sesungguhnya adalah dengan pemain global yang hadir di berbagai negara termasuk di Indonesia. Seperti CSCEC yang belanja investasinya hampir 5x total belanja modal BUMN konstruksi RI yang sudah go public. Bagaimana dengan BUMN yang sudah terlanjur punya banyak anak perusahaan diluar core competencenya? Jual anak-anak perusahaan tersebuat dan hasil penjualanya gunakan untuk belanja modal di core competencenya. Sarapan Pagi dipersembahkan oleh SNF Consulting dari Jl. Pemuda 60-70 Surabaya https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Arus kas untuk investasi China State Construction And Engineering Company (CSCEC, BUMN RRC) tahun 2015 adalah RMB 18 Milyar (Rp 37T). Di pasar Indonesia, CSCEC bersaing langsung dengan empat BUMN konstruksi RI yaitu Waskita Karya, Wijaya Karya, PP dan Adhi Karya.

Persaingan di pasar pada dasarnya adalah persaingan belanja modal yang bisa didekati dari arus kas untuk investasi. Arus kas untuk investasi Waskita Karya, Wijaya Karya, PP dan Adhi Karya pada tahun 2015 masing-masing adalah Rp 6,9T, Rp 0,3T, Rp 0,7T dan Rp 0,2T. Total arus kas untuk investasi keempat BUMN go public tersebut adalah Rp 8T.

Artinya, secara bersama-sama pun belanja modal keempat BUMN konstruksi go public di atas kalah dengan CSCEC. Apalagi sendiri-sendiri. Maka, logisnya keempatnya mesti melebur jadi satu untuk menghadapi persaingan global termasuk dengan CSCEC.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Manajemen, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting