Inovasi dan Hak Paten IBM
SAPA#0807: Pada masa pra korporatisasi, temuan teknologi dilakukan oleh perorangan. Muncullah nama-nama besar penemu seperti Edison, Rontgen, Otto, Diesel dll. Tapi kini jaman telah berubah. Temuan dan inovasi teknologi dilakukan oleh perusahaan besar dengan aset dan belanja modal besar yang dimiliki oleh jutaan orang melalui lantai bursa. Seperti IBM yang pada tahun 2016 rata-rata memperoleh 22paten per hari. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi

Inovasi dan Hak Paten IBM

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 18 Sep 2017 WIB

Belanja riset dan pengembangan IBM pada tahun 2016 adalah USD 5,7 Milyar alias 7,2% pendapatan. Prosentase ini meningkat 0,8% dari 6,4% tahun sebelumnya.

 

Perolehan hak paten adalah salah satu hasil riset. Sepanjang tahun 2016 IBM menghasilkan 8088 hak paten. Perolehan hak paten IBM dari tahun ke tahun sejak 1993 ditampilkan pada grafik di atas.

 

Hak paten sebagai hasil dari inovasi atau riset dapat diperoleh oleh individu maupun perusahaan. Hak paten sebuah perusahaan akan lebih mudah untuk sampai ke masyarakat luas karena didukung oleh sumber daya pemasaran, produksi (operasional) dan finansial yang memadai dari perusahaan bersangkutan. Seperti IBM.

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.