Indofood CBP Bisa Mengakuisisi Super Group Singapura
SAPA#0944: Kecap Bango diakuisisi Unilever. Bank BII diakuisisi MayBank. Indosat diakuisisi Oredoo. Perusahaan lokal diakuisisi perusahaan asing. Begitulah selama ini. Tidak bisakah sebaliknya? Sebenarnya bisa. Hanya persoalan visi. Persoalan mau atau tidak mau. Mau fokus membangun core competence apa tidak. Mau membangun pola gergaji korporatisasi apa tidak. Tidak diakuisisinya Super Group Singapura oleh Indofood CBP Sukses Makmur Tbk walau sebenarnya bisa adalah pelajaran yang baik. Perusahaan Anda mau atau tidak? Sarapan Pagi dari SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Indofood CBP Bisa Mengakuisisi Super Group Singapura

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 02 Feb 2018 WIB

November 2016, Jacobs Douwe Egberts (JDE), sebuah perusahaan minuman asal Belanda, sepakat mengakuisisi Super Group (SG). SG adalah perusahaan minuman asal Singapura pemilik merek kopi instan premium Owl Coffee dll. Nilai akuisisi adalah SGD 1,45 Milyar (Rp 14,7T, kurs saat ini), 62,5 % di atas harga pasar (premium) pada 4 Oktober 2016.

Sebagaimana SAPA #0943, tahun 2016 Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) berpotensi untuk berinvestasi dengan uang kas senilai Rp 19,8T dengan konsep gergaji korporatisasi dari SNF Consulting (SAPA#0987). Artinya, sebenarnya ICBP mampu dan berpeluang mengakuisisi SG Singapura. Jika dilakukan, ICBP langsung hadir dengan merek kuat di 10 negara. Tetapi peluang ini tidak terambil mengingat ICBP diposisikan cash cow. ICBP belum membangun pola gergaji korporatisasi.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.