Goldman Sachs 2006: Membeli Saham Icbc

14 Nov 2019 13:56   ngopiTURIAL
Goldman Sachs 2006: Membeli Saham Icbc
SAPA#1452: Goldman Sachs menjadi pemegang saham ICBC tahun 2006. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting. — diSNF Consulting.

Peran Goldman Sachs pada Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) terjadi sejak adanya MOU yang ditandatangani oleh CEO Henry Paulson Jr. dengan Presiden Jiang Jianging pada tahun 2003. Goldman Sachs setuju unutk membentuk joint venture dengan ICBC untuk melepas asset berkinerja buruk dan untuk memberikan konsultasi kepada ICBC dalam hal asset management international best practice.

Tahun 2006 menandai investasi Goldman terbesar hinggga saat ini transaksi tersebut sekaligus menunjukkan minat Goldman pada China daratan. Bersama asuransi Jerman Alianz Group dan American Express company Goldman berinestasi pada ICBC. Ketiga perusahaan bersama-sama membeli 10% saham ICBC senilai USD 3,78 Miliar Goldman menyediakan USD 2,58 Miliar untuk 7% saham.

Transaksi tersebut terjadi pada saat yang transformatif dan menantang di industri keuangan China. Terdapat kesepakatan umum bahwa transformasi perbankan harus dilakukan jika pertumbuhan ekonomi pesat terus terjadi. Bukan sekedar masuknya modal, investasi ICBC mendukung kolaborasi stratejik dengan Goldman dalam 7 bidang yaitu tata kelola perusahaan, pengelolaan risiko, perdagangan modal, pengelola asset, corporate dan investment banking pengelolaan non perfoming loan, dan pelihan pegawai.

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting