Goldman Sachs 2000: Privatisasi Petrochina

01 Nov 2019 11:42   ngopiTURIAL
Goldman Sachs 2000: Privatisasi Petrochina
SAPA#1445: Goldman Sachs dalam Privatisasi PetroChina tahun 2000. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting. — di SNF Consulting.

Tanggal 6 April tahun 2000, PetroChina memulai debutnya di New York Stock Exchange. Ini adalah IPO paling sulit dalam sejarah perusahaan. Sulit karena tidak hanya sifatnya yang massif, tetapi juga akan menjadi cetak biru bagi privatisasi perusahaan-perusahaan milik negara RRC lainnya.

Saat RRC mulai memodernkan ekonominya, prioritas utamanya adalah privatisasi perusahaan-perusahaan milik negara. Pertumbuhan yang pesat di Cina memunculkan tekanan besar dalam kebetulan sumber daya energi. Dari tahun 1989 hingga 2000, kebutuhan minyak mentah meningkat dua kali lipat. Walaupun memiliki sekitar 50% dari cadangan minyak asia, pertumbuhan yang pesat menjadikan RRC sebagai negara pengimpor bersih minyak sejak 1994. Cina membutuhkan infrastruktur dan operasional yang mampu mendukung kebutuhan dalam negeri.

Mengikuti keberhasilan privatisasi China Telekom tahun 1997, Goldman Sachs tetap menjadi konsultan pilihan pemerintah Privatisasi industry migas China adalah sesuatu yang sangat besar karena menyangkut restrukturisasi total dengan transfer asset-aset raksasa termasuk lading minyak kilang, pabrik petrokimia, dan perusahaan ritel minyak.

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting