Goldman Sachs 1995: Membeli Gedung Ikonik Rochefeller Center Di N

28 Oct 2019 13:48   ngopiTURIAL
Goldman Sachs 1995: Membeli Gedung Ikonik Rochefeller Center Di N
SAPA#1442: Goldman Sachs 1995 membeli gedung ikonik Rochefeller Center di New York. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting. — di SNF Consulting.

Tahun 1990-an adalah saat berat bagi bisnis gedung komersial di USA. Booming pembangnan gedung decade sebelumnya menimbulkan ketidakseimbangan pasokan dan permintaan pada pertengahan 90-an. Pemilik gedung menghadapi rendahnya permintaan sewa dan kekosongan ruang, perbankan yang mendanai menghadapi kredit macet.

Tahun 1995 Rochefeller Center 80% dimiliki oleh Mitsubhisi Estate Company dan 20% oleh Rochefeller Family Trust Bulan Mei tahun tersebut keduanya mengalami kepailitan karena masalah finansial. Kepemilikan kemudian ditranfer kepada Rocheffeller Center Properties (RCP), sebuah real estate invesment trust yang telah didirikan dengan mortgage senilai USD 1.3 Milyar. IPO RCP senilai USD USD 750 Juta telah dibantu oleh Goldman Sachs dan Searson Lehman Brother sebagai underwriter tahun 1985.

Diyakini dapat meningkatkan nilai Rochefeller Center, tahun 1995 Goldman Sachs menjadi pemimpin dari sebuah konsorsium investor untuk membeli gedung tersebut dari RCP. Salah satu anggota konsorsium adalah David Rochefeller, anak dari John D Rochefeller yang telah membangun gedung tersebut pada masa Great Depression, Konsursium membeli RCP dengan harga USD 8 per lembar saham alias total nilai 1.15 Milyar dengan rincian USD 306. 1 Juta untuk ekuitas dan sisanya dalam bentuk utang.

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting